Sukses

24 Kosmetika Temuan BPOM Ini Mengandung Bahan Berbahaya

Apa saja kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, bahan pewarna tekstil, dan asam retinoat? berikut daftarnya

Liputan6.com, Jakarta Kosmetik yang dipercaya dapat mempercantik penampilan kaum perempuan tidak sedikit yang mengandung bahan berbahaya. Hingga pertengahan tahun 2016, Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI), telah menemukan 43 produk yang diketahui mengandung merkuri, bahan perwarna untuk tekstil, hidrokinon, dan asam retinoat.

Plt. Kepala Badan POM, Drs. T. Bahdar Johan H., APT, M.Pharm, mengatakan, temuan kosmetik yang disertai obat tradisional dan suplemen kesehatan tanpa izin edar juga bahan berbahaya senilai 8,49 miliar rupiah. Sebagian besar dijual bebas secara online namun tak sedikit pula kosmetik yang mengandung bahan berbahaya itu dijual bebas di sarana pertokoan.


Bahdar menambahkan, produk-produk ini didapat dengan cara mengadakan monitoring juga melakukan pembelian dengan cara menyamar sebagai masyarakat awam untuk produk-produk yang dijual secara daring (online)

Dalam konferensi pers di Gedung BPOM RI, Jalan Percetakan Negara nomor 23, Jakarta Pusat, Kamis (30/6/2016), Ondri Dwi Sampurno, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetika, dan Produk Komplemen, Ondri Dwi Sampurno membeberkan 24 jenis kosmetik yang mengandung bahan berbahaya;

1. Aichun Beauty (krim malam)
2. Anima 40 (krim malam)
3. Beauty girls
4. Bioclinic
5. Dr Herbal
6. La Bella Esther
7. Labella (night cream)
8. La Widya Curcumin
9. Biogold
10. Clariderm
11. Eco-agen
12. Esther
13. Niche
14. Dr Night Cream
15. Beautyline Lipstick
16. Avione Lipstick
17. Sophie Martin Lipstick
18. Sophie Paris Mini Lipstick
19. Tokyo Night Nail Polish
20. Implora Eye Shadow
21. Come Beauty (night Cream)
22. Mircocell Lightening Cream
23. Auraku (whitening serum)
24. Gavia (whitening cream)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini