Sukses

6 Olahraga yang Buruk bagi Penderita Sakit Punggung

Berikut adalah enam gerakan latihan yang harus anda hindari agar sakit punggung tidak terjadi lagi.

Liputan6.com, Jakarta Jika kita berupaya untuk menyehatkan badan dengan melakukan olahraga, setidaknya tubuh kita tidak mengalami rasa sakit bukan?

Namun bagaimana jadinya jika ternyata kita salah melakukan olahraga yang membuat badan sakit, terutama yang memiliki penyakit punggung.

Dilansir dari Purewow, Jumat (1/7/2016), berikut adalah enam gerakan latihan yang harus anda hindari agar sakit punggung tidak terjadi lagi:

1. Sit up

Latihan ini mungkin memang untuk membentuk otot perut, namun sebenarnya sit up lebih banyak berbahaya bagi tubuh khususnya punggung daripada efek baiknya. Selain hanya bekerja sebanyak 20 persen pada otot perut, olahraga ini penekanan lebih banyak pada tulang belakang, sehingga dapat menyebabkan rasa sakit, baik bagi penderita punggung atau tidak.

2. Squat

Squat adalah latihan untuk memperkuat otot kaki dan lutut. jika Anda telah dilatih dengan baik, squat seharusnya tidak menjadi masalah bagi punggung Anda. Namun jika belum, lebih baik lakukan latihan yang lebih aman, misalnya menempelkan punggung pada tembok, kemudian turun pelan-pelan membentuk sikap duduk setengah.

3. Tinju

Tinju tidak ideal untuk menjaga punggung Anda, namun jika ingin melakukannya dengan memukul terus menerus kantong tinju, coba kencangkan otot perut Anda secara menyeluruh. Otot perut yang kuat, memiliki efek yang sama seperti sedang menggunakan korset yang mendukung punggung Anda.

4. Lari

Olahraga lari memiliki efek yang berat pada kaki Anda, sehingga dapat menyebabkan sakit punggung, baik yang memiliki punggung lemah maupun tidak. Anda bisa menggantinya dengan berenang, karena olahraga ini fokus pada ketahanan seluruh tubuh, tanpa ada tekanan pada sendi kaki ketika berlari.

5. Lompat tali

Seperti squat, lompat tali adalah cara yang sangat efektif untuk membakar kalori. Sayangnya, hal tersebut memberikan tekanan yang berlebih pada sendi-sendi Anda. Jika Anda memiliki masalah pada punggung, lebih baik lewati latihan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.