Sukses

5 Makanan Ini Berkhasiat Haluskan Kulit

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat kulit jadi lebih sehat, indah, dan bercahaya jika dikonsumsi atau diaplikasikan ke kulit.

Liputan6.com, Jakarta Menemukan produk perawatan kecantikan yang tepat memang tidak mudah. Tak ada krim, sabun, atau apa pun yang bisa menggantikan khasiat nutrisi yang baik pada kulit Anda. Pada dasarnya, kulit yang sehat dan indah berasal dari dalam.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat kulit jadi lebih sehat, indah, dan bercahaya. Anda bisa mengonsumsi makanan tersebut atau mengoleskannya langsung di kulit untuk mendapatkan manfaatnya.

Berikut daftar makanan yang berkhasiat untuk kecantikan kulit Anda, dilansir dari laman Popsugar, Rabu (29/6/2016):

1. Putih telur

Balurkan putih telur pada wajah terutama hidung yang kerap menjadi tempat tumbuh kembang komedo, lalu diamkan beberapa menit hingga kering, kemudian basuh dengan air sampai bersih. (en.wikipedia.org)

Telur kaya akan protein, vitamin B, magnesium, kalsium, vitamin D, selenium, dan asam lemak omega 3. Semua itu berfungsi membuat kulit jadi sehat, cerah, dan berkilau.

Nah, sebelum membeli masker wajah yang harganya cukup menguras kantong, tak ada salahnya Anda menggunakan putih telur yang tersedia di dapur sebagai masker. Mengoleskan putih telur ke wajah bisa membantu mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, mengurangi minyak, mencegah jerawat, bahkan membuat rambut lebih berkilau.

Gunakan masker putih telur seminggu sekali pada wajah untuk mendapatkan kulit indah atau pada kulit kepala untuk mengatasi ketombe.

2. Yoghurt

Rasanya yang asam, disebut-sebut bisa mengiritasi lambung apabila dikonsumsi setelah buka puasa. Benarkah?

Yoghurt kaya akan kalsium, zinc, serta enzim dan bakteri baik sehingga produk olahan susu ini baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Nutrisi yang terkandung di dalam yoghurt tak hanya menyehatkan sistem pencernaan, melainkan juga menyehatkan kulit dari dalam.

Yoghurt yang baik untuk kulit adalah yang murni dan tidak dipasteurisasi karena bermanfaat membantu mengeksfoliasi kulit, menyembuhkan dan mengurangi bekas luka, serta mengurangi kerut dan tanda penuaan.

Oleskan yoghurt murni ke wajah dan atau badan, biarkan selama 30 menit lalu bilas untuk mendapatkan kulit berkilau. Anda juga bisa menambahkan susu murni atau yoghurt ke dalam air untuk berendam dan dapatkan kulit sehalus Cleopatra.

3. Madu

Ilustrasi madu (via: cloverjelly.com)

Madu tak hanya berfungsi sebagai pemanis. Jenis makanan super ini memiliki khasiat sebagai antibiotik dan antibakteri, antioksidan, serta mengandung enzim alami yang bisa menyembuhkan dan menyehatkan tubuh dari dalam dan luar.

Jika dikonsumsi, madu membantu menyehatkan kulit dan meningkatkan imunitas. Sementara bila digunakan sebagai perawatan luar, madu efektif mengurangi inflamasi dan kemerahan, menyembuhkan luka bakar, dan memmbersihkan kulit. Karena sifat antibakterinya, madu cocok dipakai untuk mengatasi jerawat.

4. Pepaya

Ketahuilah 8 manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh di sini.

Christophorus Columbus menyebut pepaya sebagai "buah para malaikat" karena jika dikonsumsi, buah ini memberi banyak manfaat. Berfungsi sebagai anti-inflamasi, meningkatkan kekebalan tubuh, menghidrasi, dan membantu pencernaan, pepaya kaya akan antioksidan, vitamain C dan A, dan enzim papain alami yang membantu protein pencernaan.

Jika digunakan sebagai perawatan luar, enzim pepaya ampuh mengatasi kulit mati, meningkatkan elastisitas kulit, menghidrasi, dan mencegah penuaan.

5. Spirulina

Spirulina juga bermanfaat untuk kesehatan kulit (Foto: Allamericanhealthcare)

Spirulina adalah makanan yang berkhasiat baik ketika dikonsumsi mau pun saat dijadikan perawatan luar. Dari enzim alami, kandungan antioksidan, serta protein, asam lemak omega 3, serta vitamin dan mineralnya, ganggang biru kehijauan ini bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Jika spirulina dipakai sebagai perawatan luar, bisa meringankan dan mengurangi inflamasi, jerawat, dan menghalau penuaan dini.

Caranya cukup mudah, campurkan air, yoghurt, atau madu ke kulit wajah, biarkan kering lalu bilas bersih. Anda akan mendapat wajah halus dan kinclong dalam waktu dekat.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.