Sukses

7 Hal Rutin yang Bikin Hari Anda Selalu Menyenangkan

Melakukan ruitinitas berikut ini akan membuat Anda merasa segar dan siap mengatasi tantangan apa pun yang datang.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi bahagia adalah dambaan setiap orang. Melakukan rutinitas berikut ini akan membuat Anda merasa segar dan siap mengatasi tantangan apa pun yang datang. Tak butuh waktu lama, cukup 5 menit saja, seperti dikutip dari Independent, Kamis (30/6/2016):

1. Tulis 3 hal yang Anda syukuri

Pikirkan tentang apa yang sudah Anda miliki dalam hidup Anda. Jangan hanya fokus pada hal-hal materi seperti mobil, computer, melainkan berpikir lebih sederhana. Sebagai contoh, ucapkan terima kasih untuk teman-teman, pasangan dan keluarga, atau pendidikan Anda.

Strategi ini mirip dengan latihan "tiga hal baik" yang direkomendasikan oleh Martin Seligman, profesor psikologi di University of Pennsylvania dan salah satu pendiri dari gerakan psikologi positif.

Seligman dan rekan menyarankan untuk mengambil waktu setiap malam lalu menuliskan tiga hal positif yang terjadi hari itu, bersama dengan penjelasannya.

2. Pikirkan tentang hal yang prospektif

Tulis satu kalimat tentang satu hal, yang jika itu terjadi akan membuat Anda merasa bahagia, optimis, dan produktif. Ini bisa sesuatu yang sederhana seperti pergi ke tempat tidur sebelum tengah malam atau menghabiskan satu jam melakukan sesuatu yang Anda sukai. Setelah Anda mengetahui persis apa yang akan membuat Anda merasa bahagia dan bisa dicapai, segera wujudkan.

3. Meditasi

Meditasi memiliki segudang manfaat seperti membantu mengatasi stres dan emosi negatif, meningkatkan memori, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tapi meditasi tidak berarti duduk diam selama berjam-jam. Duduklah selama lima menit untuk melepaskan diri dari pikiran yang memiliki dampak mendalam bagi Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Olah raga

4. Olah raga

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga sebelum sarapan dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan meningkatkan tingkat energi. Meskipun latihan dalam studi ini berlangsung sekitar satu jam, atau sampai peserta telah membakar 400 kalori.

Terlepas dari berapa lama Anda memilih untuk berolahraga, pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, karena otot-otot mungkin akan kaku setelah bangun tidur.

5. Waktu Tidur

Sementara itu, jurnalis Charles Duhigg menulis dalam bukunya "The Power of Habit" menyatakan tidur dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda untuk sisa hari. Karena itu adalah "kunci kebiasaan" yang bisa memberikan percikan reaksi berantai yang membantu mendorong kebiasaan baik lainnya

6. Buat prioritas

Tulislah hal-hal yang ingin Anda capai hari itu. Dengan cara itu, Anda akan memiliki satu set yang jelas prioritas untuk memandu pekerjaan Anda selama beberapa jam ke depan.

Psikolog Travis Bradberry mengatakan, membuat perencanaan yang cermat guna meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan. Dia secara pribadi suka menetapkan tujuan sehari-hari saat pagi hari setelah selesai berolah raga.

7. Visualisasikan sisa hari

Harrison Thorne merekomendasikan melakukan visualisasi di pagi secara rutin. "Gambarkan tujuan Anda dalam jangka pendek dan jangka panjang. Kemudian tegaskan kemampuan untuk menyelesaikan tujuan-tujuan ini" jelas Thorne. Dia merekomendasikan untuk membuat kebiasaan ini sebagai strategi di pagi hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.