Sukses

5 Aktivitas Fisik yang Pas untuk Usia 40-an

Sangat penting untuk tetap aktif di saat Anda semakin tua, berikut lima latihan yang ideal untuk usia 40 tahun ke atas.

Liputan6.com, Jakarta Semakin berumur, terkadang kita tidak melakukan olahraga dengan berbagai alasan, misalnya karena bekerja, mengurus anak, atau mengurus rumah.

Padahal, sangat penting untuk tetap aktif di saat Anda semakin tua. Olahraga yang rutin memiliki manfaat seperti mencegah keropos tulang, meningkatkan koordinasi tubuh, meningkatkan mood dan memori, serta dapat meminimalisasi banyak gejala penyakit kronis pada tubuh.

Dilansir dari purewow, Rabu(29/6/2016), berikut lima latihan yang ideal untuk usia 40 tahun ke atas:

1. Bersepeda
Bersepeda baik untuk jantung Anda karena memiliki dampak yang sama seperti olahraga lari, tanpa tanpa adanya tekanan yang konstan pada lutut dan kaki.

2. Berenang
Olahraga ini baik untuk melatih seluruh tubuh karena dapat membakar kalori dan membentuk tubuh agar lebih sehat. Satu jam berenang, dapat membakar hingga 500 kalori di dalam tubuh.

3. Yoga dan pilates
Dengan melakukan olahraga ini, Anda melatih tulang belakang dan otot perut. Selain itu, yoga dan pilates memberikan sejumlah manfaat pada mental, mengurangi rasa stres, dan meningkatkan energi dalam tubuh Anda.

4. Mendayung
Olahraga ini didominasi oleh latihan pada kaki, sama seperti squat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kings College di London, seseorang yang memiliki kaki yang kuat, memiliki pikiran yang lebih tajam.

5. Crossfit
Mungkin Anda mengira bahwa crossfit hanya untuk orang dengan usia 25 tahun. Namun sebenarnya olahraga ini bisa dilakukan untuk siapa saja tanpa memandang usia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.