Sukses

Peserta BPJS Kesehatan Bisa Berobat di Mana pun Saat Mudik

Liputan6.com, Jakarta Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tak perlu khawatir bila ingin berobat saat mudik. Sebab, tahun ini dipastikan masyarakat akan mendapat layanan kesehatan di mana pun Anda berada.

Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan, Maya Amiarny Rusadi, mengatakan pihaknya memiliki kebijakan khusus terkait alur pelayanan kesehatan.

Jika biasanya pasien harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama seperti Puskesmas atau Klinik, nanti mulai H-7 dan H+7 Lebaran, mereka bisa langsung ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di daerah tujuan.

"Peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik dapat berobat keluar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS kesehatan setempat. Mereka bisa dilayani langsung di IGD rumah sakit setempat tanpa harus dirujuk dari puskesmas," kata Maya saat konferensi pers bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, rabu (29/6/2016).

Untuk syaratnya juga tak perlu repot, peserta hanya dianjurkan untuk memiliki kartu aktif kepersertaan BPJS Kesehatan.

"Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta yang berstatus aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif," ujarnya.

Di sisi lain, Direktur Hukum, Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Bayu Wahyudi, mengatakan pelayanan kesehatan saat mudik juga tidak terbatas emergency maupun non-emergency. Sebab selama mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik biaya dari peserta.

"Sejumlah daftar rumah sakit yang bekerjasama juga telah disiapkan dan bisa dilihat di website resmi BPJS Kesehatan. Bila ada yang tidak tertangani bisa menghubungi call center di nomor 1500-400," katanya.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

Ingin tahu tips mudik sebelum tinggalkan rumah, simak videonya berikut ini:

Video Populer

Foto Populer