Sukses

8 Latihan Pelepas Stres

Liputan6.com, Jakarta Stres bukan saja masalah pada mental atau emosional, namun rasa yang juga dapat menyakiti tubuh. Ketegangan kronis bisa juga menjadi penyebab dibalik stres berkepanjangan, seperti depresi, sakit jantung, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, stres bisa juga disebabkan oleh penyakit yang muncul sehari-hari, contohnya sakit kepala, sakit punggung, insomnia, sakit perut, kecemasan, dan rasa marah.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita mengalami stres lebih akut daripada pria, karena wanita lebih rentan terhadap efek psikologis dari stres kronis. Namun, hanya tiduran di sofa atau tempat tidur bukanlah jawabann, Anda harus mengeluarkan keringat.

Dilansir dari lifescript, Selasa (28/6/2016), berikut adalah macam-macam latihan untuk melepaskan rasa stres dari dalam tubuh:

1. Yoga

Postur-postur dalam yoga adalah bentuk latihan kekuatan tubuh yang membuat Anda lebih fleksibel dan dapat mengurangi ketegangan pada fisik dan memicu relaksasi tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa yoga juga dapat mengurangi tekanan darah serta memberikan keuntungan terbesar yang merupakan kunci untuk mengelola rasa stres.

2. Tai chi

Seni bela diri asal Cina kuno, tai chi menghubungkan gerakan fisik untuk pernafasan. Selain itu, beberapa keuntungan tai chi yaitu meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan energi, tidur yang lebih nyenyak, dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

3. Qigong

Mirip dengan tai chi, qigong juga dianggap sebagai salah satu pilar pengobatan di Cina yang dilakukan bersama dengan akupuntur dan pengobatan herbal. Berlatih qigong secara teratur, dapat menaikkan perasaan tenang, meningkatkan tidur dan pencernaan, serta meningkatkan energi dalam tubuh.

4. Berjalan
Sering berjalan dapat mengurangi kondisi stres, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolestrol, dan diabetes tipe 2. Orang yang rutin berjalan, juga melaporkan turunnya tingkat stres dan rasa percaya diri.

1 dari 2 halaman

5. Berkebun

5. Berkebun

Penyiangan saja bisa membakar 200 kalori per jam dan kegiatan yang lebih berat, seperti mengangkut tas berisi kotoran tanah atau menggaruk tanah, dapat membakar hingga 600 kalori per jam. Berkebun juga memiliki bonus penghilang stres karena membuat Anda melakukan kontak langsung dengan bumi yang dapat menyegarkan semangat Anda.

6. Menari

Menari memiliki banyak manfaat fisik, mental, dan bahkan emosi. Kegiatan ini merupakan latihan besar yang meningkatkan rasa senang dan kelincahan yang menaikkan denyut jantung Anda.

7. Pilates

Pilates adalah serangkaian latihan yang menekankan kesadaran tubuh, kekuatan inti, dan keselarasan tubuh. Seperti yoga, konsentrasi mental diperlukan untuk pilates.

8. Tenis

Tenis adalah latihan kardio yang dapat mencegah berbagai kondisi yang berhubungan dengan stres, seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Selain itu, karena Anda tidak bisa bermain tenis sendirian, olahraga ini membuat Anda tetap terhubung dengan orang lain, yang merupakan komponen kunci dari pengurangan rasa stres.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

http://ramadhan.liputan6.com/?utm_source=Direct&utm_medium=ContentPromotion&utm_campaign=Ramadan_Festival