Sukses

Sel Punca, Cara Baru Pengobatan Radang Sendi

Tujuan dari penelitian kecil ini adalah untuk mengevaluasi keamanan dari penggunaan sel punca pasien sendiri untuk mengobati osteoarthritis.

Liputan6.com, Jakarta Bagi mereka yang menderita arthritis atau radang sendi di lutut, para peneliti melaporkan dalam sebuah penelitian kecil, dengan hanya satu suntikan sel punca (stem cells) dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Idenya adalah eksperimental: Ekstrak sel-sel punca dari lemak tubuh pasien sendiri--sel dikenal karena kemampuan mereka untuk membedakan dan melakukan sejumlah fungsi regeneratif--dan menyuntikkannya langsung ke sendi lutut yang meradang atau terasa sakit.

"Tujuan dari penelitian kecil ini adalah untuk mengevaluasi keamanan dari penggunaan sel punca pasien sendiri untuk mengobati osteoarthritis lutut, selain itu juga menunjukkan bahwa satu kelompok pasien mengalami perbaikan nyeri dan fungsi tubuh," kata Dr Anthony Atala, direktur Hutan Institute Wake untuk Regenerative Medicine, di Winston-Salem, NC.

Dr Anthony Atala tidak terlibat dalam penelitian ini. "Bahkan, sebagian besar pasien yang sebelumnya telah dijadwalkan operasi penggantian lutut total memutuskan untuk membatalkan operasi," kata Atala, dilansir dari laman WebMD, Selasa (28/6/2016).

"Hasil ini menggembirakan, dan sangat menarik untuk dilihat apakah perbaikan ini dapat terlihat dalam kelompok yang lebih besar dari peserta studi saat ini," tambahnya.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

http://ramadhan.liputan6.com/?utm_source=Direct&utm_medium=ContentPromotion&utm_campaign=Ramadan_Festival

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini