Sukses

5 Alasan Anda Harus Tidur Siang

Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Tidur siang bukan hanya diperuntukkan bagi anak kecil. Bukan tanpa alasan perusahaan-perusahaan besar seperti Google dan Uber melengkapi kantor mereka dengan ruang khusus tidur siang bagi para karyawannya. Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan, tidur siang bisa memperbaiki daya ingat. Penelitian ini dilakukan dengan meminta individu untuk menyelesaikan teka-teki kata di pagi hari dan siang hari.

 

Mereka yang tidur siang di antara waktu tes kedua teka-teki kata tersebut lebih mudah menyelesaikannya pada tantangan kedua. Dengan kata lain, individu yang tidur siang lebih mudah mengingat kata-kata yang sudah mereka pelajari daripada yang tidak tidur siang.

Selain berfungsi meningkatkan daya ingat, tidur siang memiliki lima manfaat lain seperti dilansir dari laman Glamour, Senin (27/6/2016):

1. Mempermudah mempelajari informasi baru

Sebuah studi yang dipresentasikan dalam pertemuan American Association of the advancement of Science menemukan, individu yang tidur siang melakukan tes secara lebih baik pada pukul 6 sore ketimbang di siang hari. Sementara mereka yang tidak tidur siang, hasil tesnya lebih buruk. Semakin lama Anda terjaga, semakin ketajaman otak semakin berkurang. Tidur siang menghentikan dampak tersebut.

2. Mengurangi dampak buruk begadang

Studi yang dimuat dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menemukan, inividu yang tidur siang dua setengah jam setelah hanya tidur malam dua jam menjadi berkurang kadar stresnya dan tak mudah sakit dibandingkan mereka yang kurang tidur namun tidak tidur siang. Begadang bukanlah ide baik, tapi jika Anda terpaksa harus begadang, sempatkanlah untuk tidur siang keesokan harinya untuk mengurangi efek buruk begadang.

3. Membantu meraih tujuan bugar

Studi yang tercantum dalam jurnal SLEEP menunjukkan, kurang tidur berujung pada keinginan makan junk food. Studi lain yang dimuat dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan, kehilangan waktu tidur selama beberapa jam setiap malam meningkatkan risiko bertambahnya berat badan. Pastikan Anda mendapat kecukupan tidur, entah pada siang atau malam hari. Hal itu akan membantu Anda mempertahankan bobot tubuh ideal.

4. Membuat lebih kreatif

Menurut penelitian yang ditampilkan dalam Annual Meeting of Neuroscientists, hemisfer kanan otak yang bertanggungjawab akan kreativitas menjadi lebih aktif dan semakin terkoneksi dengan bagian otak lainnya saat tidur siang. Peneliti berpendapat, hal ini bisa menjelaskan kenapa terkadang kita mudah menemukan jawaban atau solusi atas suatu permasalahan setelah tidur siang.

5. Meningkatkan mood

Sejumlah studi yang dianalisis dalam Journal of Sleep Research mendapati tidur siang tak hanya membuat Anda lebih terjaga dan terhindar dari pikiran berkabut, melainkan juga menjadikan Anda lebih bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.