Sukses

Tanda Penyakit yang Bisa Dilihat dari Warna Urine

Apakah warna urin di dalam toilet merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan?

Liputan6.com, Jakarta Buang air kecil adalah salah satu cara fungsi tubuh dalam mengeluarkan sisa zat racun dalam tubuh. Sayangnya, sejumlah orang hanya fokus pada jadwal kencing bukannya arti dari warna urine tersebut.

Seperti disampaikan pakar urologi, Elizabeth Kavaler, M.D, warna urin dapat menjadi petunjuk tentang kesehatan kita seperti dilansir Lifescript, Senin (27/6/2016) sebagai berikut:

1. Bening

"Tanda sehat bisa dilihat dari warna urine yang bening," kata dr. Kavaler.

2. Kuning Terang

"Jika warna urine berwarna sangat kuning terang, bisa saja bahwa Anda overhidrasi, tetapi selama Anda tidak memiiki gagal ginjal, hal tersebut tidaklah berbahaya. Tubuh Anda hanya menghilangkan cairan ekstra." ujar kepala urologi, Michael Hyman, M.D.

3. Keruh

"Jika Anda memiliki warna urine yang keruh dan sering buang air kecil, Anda mungkin mengalami infeksi saluran kemih,” kata Dr.Kavaler.

Dr. Kavaler mengatakan, jika tidak diobati, infeksi ini dapat menyebabkan penyakit kronis pada ginjal.

4. Biru Kehijauan

Anda mungkin memiliki infeksi bakteri yang disebut pseudomonas. Segera periksakan diri Anda ke dokter, karena bakteri ini dapat segera diobati dengan antibiotik.

5. Kuning atau Oranye Pekat

Kepala divisi urologi, Stanley Silber, M.D mengatakan, urine berwarna oranye kecokelatan bisa berarti terlalu banyak empedu yang diekskresikan di dalam urine Anda. Hal tersebut bisa berarti ada masalah pada hati atau masalah pencernaan. Perbanyak minum air putih dan bila berlangsung lebih dari seminggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini