Sukses

Kenapa Roti Panggang Lebih Nikmat dari Roti Tawar Putih?

Ada penjelasan ilmiah kenapa roti panggang jadi lebih nikmat dibandingkan roti tawar biasa.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mencermati aroma sedap roti panggang yang menguar? Ya, roti panggang jadi lebih menarik dibandingkan roti tawar putih bukan hanya karena aroma khas tersebut, melainkan juga dari cita rasanya.

Ada penjelasan ilmiah kenapa roti panggang jadi lebih nikmat dibandingkan roti tawar biasa. Ketika roti tawar dipanggang, reaksi dari proses pemanggangan tersebut disebut reaksi Maillard, yang terbukti membuat makanan jadi jauh lebih enak.

Melansir laman Metro.co.uk, Senin (27/6/2016), pada dasarnya reaksi Maillard itu sama seperti proses karamelisasi. Sebuah reaksi kimia antara asam amino dan gula dalam roti ketika dimasak yang membentuk warna kecokelatan non-enzim.

Proses teresebut menghasilkan molekul aroma dan rasa baru. Mudahnya, roti panggang memiliki rasa yang sangat berbeda dibandingkan roti tawar biasa. Selain itu, zat furanone dikeluarkan saat roti dipanggang, menciptakan rasa seperti karamel.

Anda bisa mendapatkan roti panggang sempurna dengan memanggangnya pada suhu 110C dan 170C. Pada suhu tersebut, reaksi kimia jadi lebih cepat dan panas menguarkan kelebihan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini