Sukses

3 Cara Atasi Punggung Pegal Saat Perjalanan Mudik

Perjalanan mudik dengan mobil berjam-jam lamanya riskan dengan rasa nyeri dan pegal pada punggung dan berikut cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa seminggu ke depan para umat Muslim akan berbondong-bondong kembali ke kampung halaman dan merayakan lebaran bersama sanak saudara. Umumnya perjalanan mudik dengan mobil yang ditempuh hingga berjam-jam lamanya sering kali membuat tubuh menjadi pegal akibat terlalu lama duduk.

Melansir laman Spine-health, ditulis Senin (27/06/2016), salah satu risiko terlalu lama mengendarai mobil rasa nyeri atau pegal pada area punggung dan leher. Untuk mengatasinya lakukan tiga cara ini agar rasa sakit pada punggung tak berlebihan, dan perjalanan Anda pun lancar.

1. Ambil posisi senyaman mungkin

Perhatikan sandaran pada bangku mobil, sesuaikan dengan kenyamanan punggung Anda. Jangan menaruh dompet, ponsel, atau apa pun di saku belakang Anda, sebab dapat memungkinkan posisi tulang belakang menjadi tak sejajar.

Bagi penumpang, duduk dengan tegak namun tetap berada di posisi yang santai. Atur juga posisi lutut yang sedikit lebih tinggi dari pinggul dan menjaga posisi kepala agar tak terlalu tegap dan tegang. Akan lebih nyaman ketika kepala bersandar dan lurus dengan tulang belakang.

2. Tambahkan bantal

Untuk menjaga kenyamanan punggung tak ada salahnya menambah beberapa bantal di belakang punggung untuk meyingkiri rasa linu atau nyeri di punggung bawah. Akan lebih nyaman ketika penggunaan bantal yang berisi gel atau busa lembut.

3. Mencari hiburan

Seperti menonton, mendengarkan musik, atau membaca buku selama perjalanan adalah cara terbaik untuk mengalihkan pikiran dari rasa sakit atau nyeri punggung dan sekujur tubuh selama perjalanan mudik yang panjang.

Khususnya para pengemudi coba untuk mendengarkan musik kesukaan Anda selama berkendara atau sesekali melihat ke TV pada mobil untuk sedikit menyegarkan otak.

Bagi para penumpang coba untuk bermeditasi, membaca buku, mengisi teka-teki silang atau bermain game di gawai Anda. Menonton film atau serial TV kesukaan Anda atau bercengkrama bersama keluarga selama perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini