Sukses

Ayah Gemuk Tingkatkan Risiko Kanker Payudara pada Anak Perempuan

Liputan6.com, Jakarta Penelitian terbaru menemukan bahwa ayah dengan berat badan berlebih dapat menempatkan anak perempuan mereka pada risiko kanker payudara. Para ilmuwan mengatakan putri dari ayah yang gemuk tetapi ibunya kurus akan kelebihan berat badan saat lahir dan sepanjang masa hidupnya. Perkembangan jaringan payudara mereka juga terhambat serta meningkatnya risiko kanker payudara. Studi ini adalah yang pertama untuk menguji pengaruh seorang pria yang obesitas terhadap risiko kanker anak-anaknya di masa depan.

Dan itu menunjukkan dapat mengubah DNA dari sperma pria, yang memiliki konsekuensi kesehatan untuk putrinya yang belum lahir. Obesitas mengubah bentuk microRNA (miRNA)--regulator epigenetik ekspresi gen--baik sperma ayah dan jaringan payudara putrinya, dilansir dari laman Dailymail, Minggu (26/6/2016).

Epigenetik adalah perubahan kimia yang diwariskan yang dapat mengubah gen tertentu atau menonaktifkannya. Mereka semakin diakui sebagai mekanisme yang memungkinkan mewariskan efek kesehatan dari lingkungan atau gaya hidup kepada generasi mendatang. Epigenetik bekerja baik dengan mengubah protein yang membungkus DNA, menambahkan atau menghapus unsur kimia yang mengubah struktur sel, atau melalui molekul genetik.

Obesitas tampaknya terkadang turun-temurun dalam keluarga, seperti halnya beberapa kanker payudara dan ibu yang obesitas diyakini mempengaruhi dua kondisi tersebut. Wanita dengan kelebihan berat badan pada kehamilan dapat menghasilkan bayi yang lebih besar, yang mungkin telah meningkatkan risiko kanker payudara di kemudian hari.

Sebagian besar penelitian telah difokuskan pada sisi ibu, dan ada beberapa studi yang telah melihat pengaruh seorang ayah yang kelebihan berat badan atau obesitas pada kesehatan anak di masa depannya. Penelitian oleh Georgetown University Medical Centre dilakukan pada tikus laboratorium, tetapi para ilmuwan mengatakan temuan diterapkan pada manusia.

Asisten profesor Dr. Sonia de Assis mengatakan, studi ini memberikan bukti bahwa, pada hewan, berat badan ayah pada saat konsepsi memengaruhi berat badan kedua anak perempuan mereka--baik saat lahir dan di masa kecil-- serta risiko kanker payudara di kemudian hari.

"Tentu saja penelitian kami dilakukan pada tikus, tetapi rekapitulasi temuan baru pada manusia yang menunjukkan bahwa pria obesitas memiliki perubahan epigenetik yang signifikan dalam sperma mereka dibandingkan dengan pria yang berat badannya standar. 'Studi hewan kami menunjukkan bahwa terjadi perubahan epigenetik dalam sperma yang mungkin memiliki konsekuensi untuk risiko kanker pada generasi berikutnya," jelasnya.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Scientific Reports, ditemukan miRNAs dapat membawa informasi epigenetik dari ayah yang obesitas ke anak perempuan mereka. The miRNAs diidentifikasi mengatur insulin reseptor sinyal, yang terkait dengan perubahan berat badan, dan jalur molekul lain yang terkait dengan perkembangan kanker seperti hipoksia jalur sinyal.

Penelitian selanjutnya akan mengeksplorasi jika asosiasi masih sama mengenai penangguhan risiko kanker payudara untuk anak perempuan dari ayah yang kelebihan berat badan sekitar waktu pembuahan.

Profesor de Assis mengatakan, "Sampai kita tahu tentang hubungan ini pada pria, kita harus tetap berpegang pada apa yang kita semua tahu adalah nasihat yang baik. Perempuan--dan laki-laki--harus makan diet seimbang, menjaga berat badan yang sehat dan gaya hidup tidak hanya untuk kepentingan mereka sendiri, tetapi juga untuk memberikan anak-anak mereka kesempatan terbaik untuk menjadi sehat." 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini