Sukses

5 Cara Tubuh Beritahu Mengenai Kesehatan Kita

Sebenarnya tubuh Anda mencoba memberitahu mengenai kesehatan Anda

Liputan6.com, Jakarta Apa ada bagian dari tubuh Anda yang bersisik atau mungkin ada bercak merah pada kulit? Jika ada, sebenarnya tubuh Anda mencoba memberitahu mengenai kesehatan Anda.

“Ada perbedaan besar bagaimana penampilan kita di luar, dengan apa yang terjadi di dalam tubuh kita,” ujar Dr. Ramsey Markus, profesor dermatologi di Baylor College of Medicine, Houston.

Berikut adalah hal-hal yang merupakan tanda bahwa tubuh Anda mengalami gangguan kesehatan seperti yang dilansir dari foxnews.com, Sabtu (25/6/2016):

1. Kuku Rapuh


Jika Anda memiliki kuku yang rapuh, bisa jadi hal itu disebabkan oleh jamur, karena kuku Anda adalah rumah yang sempurna bagi jamur.

“Mereka menyukai tempat yang hangat dan lapisan kulit yang lembab untuk dimakan,” kata Markus menjelaskan. 

2. Benjolan Merah Bersisik


Bisa jadi ini adalah tanda bahwa Anda memiliki penyakit Psoriasis. Ruam ini bukan hanya masalah kulit, Psoriasis adalah gangguan auto imun yang dapat muncul pada usia berapa pun.

3. Jerawat Yang Gigih


Jika Anda memiliki jerawat yang susah dihilangkan, bisa jadi ini adalah tanda ketidakseimbangan hormon. Jerawat tidak hanya terjadi pada remaja.

“Jerawat bisa kambuh selama masa perimenopause,” ujar Dr. Jennifer Chen, asisten profesor klinis dermatologi di Stanford School of Medicine.

4. Kulit Kering Dan Berjerawat


Bisa saja bahwa ini adalah tanda Anda kekurangan asupan Omega-3. Konsumsi banyak makanan yang kaya akan Omega-3, seperti kacang kenari, biji rami dan ikan.

5. Rambut Menipis


Jika Anda mengalami hal ini, bisa saja bahwa Anda terkena Hypothyroidism, yaitu kerusakan kelenjar tiroid dimana kelenjar berhenti memproduksi jumlah hormon yang normal. Penyakit lainnya adalah tingkat estrogen yang rendah. Seperti pada wanita yang sedang menopause.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini