Sukses

Jangan Bosan Ingatkan Remaja Akan Bahaya Seks Bebas di Luar Nikah

Seks di luar nikah dapat menimbulkan risiko terpapar HIV AIDS. Untuk itu, jangan bosan untuk ingatkan remaja bahaya berhubungan seks bebas.

Liputan6.com, Jakarta Praktisi kesehatan dari Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM), Ari Fahrial Syam, mengatakan, masyarakat Indonesia, khususnya remaja, harus kembali diingatkan akan bahaya berhubungan seks bebas di luar nikah.

Menurut Ari, sekali saja mereka melakukan hubungan seksual di luar nikah, tidak menutup kemungkinan menjadi ketagihan dan akan kembali mengulangi perbuatan yang sudah tentu dilarang serta ditentang keras ajaran agama.

"Mereka akan terpapar dengan berbagai risiko penyakit menular melalui hubungan seksual, seperti HIV AIDS, Hepatitis B dan C, sifilis, serta kencing nanah," kata Ari dikutip dari keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu (25/6/2016)

Ari menambahkan, riwayat hubungan seksual di usia muda pun menjadi risiko untuk kanker mulut rahim di masa depan. "Perlu pendidikan seksual dan penguatan ajaran agama terhadap para remaja agar mereka tidak jatuh dalam lingkaran setan ini," kata Ari menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.