Sukses

Bermain Ponsel dalam Gelap Bisa Sebabkan Kebutaan Sesaat

Liputan6.com, Jakarta
Jika Anda suka main ponsel sebelum tidur malam, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine menulis, beberapa wanita mengalami kebutaan sesaat setelah bermain ponsel dalam gelap.

Studi tersebut mencatat, seorang wanita usia 22 di Inggris menyadari mata kanannya tidak berfungsi sempurna selama beberapa malam. Dia hanya bisa melihat bayangan samar di dalam kamar. Tapi ketika dia memeriksakan diri ke dokter, kondisi matanya baik-baik saja dan hasil pindai otak pun tak menunjukkan ada masalah.

Sementara itu wanita lain usia 40 juga mengatakan mengalami kondisi serupa. Dia kehilangan penglihatan pada mata kanannya selama 20 menit dalam beberapa malam. Tapi kondisinya dinyatakan baik-baik saja saat periksa ke ER.

Melansir laman Glamour, Sabtu (25/6/2016), kehilangan penglihatan pada salah satu mata bisa jadi pertanda stroke. Para dokter menemukan bahwa wanita-wanita tersebut memiliki kesamaan: mereka memandang layar ponsel di tempat tidur dalam kondisi gelap dan salah satu mata tertutupi.

Jadi, wanita usia 22 tahun itu biasa bermain ponsel sebelum tidur. Dia berbaring ke kiri dan salah satu matanya tertutup bantal saat memandang layar ponsel. Wanita lainnya biasa membaca berita dari layar ponsel sebelum matahari terbit, juga dengan salah satu mata terhalang bantal.

Dokter menyebut kondisi kebutaan sesaat itu dengan "transient smartphone blindness" dan mengatakan bisa menimpa siapa saja yang terbiasa bermain ponsel dalam gelap. Mata yang digunakan untuk memandang ponsel akan mengalami "kebutaan" sesaat.

Sebaiknya pastikan Anda tak ada salah satu mata yang terhalangi saat Anda menatap layar ponsel. Dan usahakan untuk tidak bermain ponsel dalam gelap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini