Sukses

Bahaya Main Ponsel di Kegelapan

Bermain ponsel sambil berbaring di tempat tidur pada malam hari bisa mendatangkan malapetaka pada mata.

Liputan6.com, Jakarta Bermain ponsel sambil berbaring di tempat tidur pada malam hari bisa mendatangkan malapetaka bagi mata kita. Setidaknya peringatan itu sementara diberikan oleh dokter di Inggris kepada pasiennya, seperti dikutip Foxnews, Sabtu (25/6/2016).

Dua wanita pasien dokter Gordon Plant dari Moorfield's Eye Hospital di London mengeluh mengalami kebutaan sementara selama 15 menit hingga berbulan-bulan akibat terus-menerus bermain ponsel dalam kegelapan.

Seperti dilaporkan New England Journal of Medicine, Kamis (23/6/2016), dokter Gordon merinci dua pasiennya, yakni wanita berusia 22 tahun dan 40 tahun yang mengalami kebutaan.

Kejadian berawal saat para wanita ini mengeluh kehilangan penglihatan di sebelah matanya, selama 15 menit saat mereka terbangun dari tidur di pagi hari. Mereka pun segera menjalani berbagai pemeriksaan medis, pemindaian MRI dan tes jantung. Namun dokter tidak menemukan sesuatu yang salah dengan mata mereka.

Namun ketika kedua pasien ini datang ke dokter spesialis mata, misteri itu pun terpecahkan. "Saya hanya bertanya kepada mereka, apa yang sebenarnya telah dilakukan ketika hal ini terjadi?" ujar dokter Gordon.

Gordon menjelaskan bahwa kedua perempuan itu memiliki kebiasaan membaca pesan pendek atau artikel di telepon selular dengan satu mata sambil berbaring di tempat tidur dalam suasana gelap, sementara satu mata lainnya ditutup bantal.

"Jadi satu mata menyesuaikan cahaya gawai, satu mata lagi menyesuaikan dengan kegelapan," katanya. Beruntungnya, kedua mata wanita ini bisa disembuhkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini