Sukses

5 Makanan yang Membuat Anda Lebih Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak suka makan? Pasti semua dari kita suka untuk makan, karena makan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia.

Beberapa makanan memiliki rasa yang enak ketika kita memakannya, namun dapat meninggalkan rasa kembung dan rasa bersalah saat kita membersihkan remah-remahnya.

Namun ada makanan lain yang secara sains terbukti untuk memberikan efek semangat. Dilansir dari today.com, Jumat (24/6/2016), mengenai beberapa makanan yang dapat membuat perasaan lebih bahagia, baik untuk saat ini maupun untuk berjam-jam setelahnya:

1. Kenari Dan Kacang Mete Mentah

“Satu ons kenari memiliki empat gram protein yang membantu mengisi Anda dan membantu menjaga kadar gula agar stabil, serta dua gram serat ,” ujar ahi gizi New York, Elisa Zied, R.D dan penulis buku “Younger Next Week”.

Makanan ini juga merupakan sumber dari magnesium dan fosfor. Jika kita kekurangan magnesium, risiko terkena depresi pun akan meningkat. Kenari juga mengandung sel yang melindungi antioksidan dan karbohidrat yang rendah, artinya mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah dan insulin.

 

2. Kale

Bunch of fresh wet kale greens

”Satu mangkuk kale, adalah sumber sempurna dari vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, serta sumber serat,” kata Zied.

“Kale adalah makanan paling sehat di dunia," ungkap Dr. Drew Ramsey, profesor asisten psikiatri klinis dari Columbia University College of Physicians & Surgeons dan rekan penulis “The Happiness Diet.”

 

3. Tiram

“Tiram sangat rendah kalori dan dapat menurunkan inflamasi,” ujar ahli gizi New York, Bonnie Taub-Dix, R.D dan penulis buku “Read It Before You Eat It."

Tiram merupakan makanan yang baik untuk jantung dan memberikan kontribusi dalam memberikan efek perasaan senang setelah memakannya, karena makanan ini meningkatkan sirkulasi tubuh seluruhnya.

 

4. Kopi

Kafein dalam kopi dapat mendorong fokus mental, kewaspadaan, dan kinerja atletik. Konsumsi kopi juga dapat melindungi tubuh dari diabetes tipe 2 dan menurunkan risiko depresi, namun jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Resep yang perlu Anda coba, buatlah kopi sendiri di rumah menggunakan biji-bijan kopi, tetapi kurangi penggunaan gula dan susu.

 

5. Cokelat hitam

“Cokelat hitam merupakan salah satu mood booster,” ujar Ramsey.

Cokelat hitam tidak hanya menyediakan rasa puas, tetapi juga memiliki kakao dengan persentase yang tinggi, sehingga mengandung lebih banyak antioksidan daripada makanan lainnya. Cobalah konsumsi makanan ini sebanyak dua sampai empat kotak kecil sehari.