Sukses

Jangan Diamkan Nyeri di Dada

Liputan6.com, Jakarta Sakit di bagian dada adalah kondisi yang sangat umum terjadi ketika ada infeksi di saluran pernapasan. Itulah yang menyebabkan dada sakit, karena ada hasil dari akumulasi lendir ekstra, dalam paru-paru.

Jika Anda mengalami kesulitan bernapas atau mengalami nyeri di dada disertai dengan batuk maka ada kemungkinan kalau ada kemacetan di dada.

Kalau tidak dibersihkan, bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti bronkitis, pneumonia, dan lainnya. Untungnya, ada banyak obat luar yang bisa digunakan, bahkan menghilangkan lendir dari paru-paru.

Namun jika Anda tak ingin minum obat kimia, di bawah ini ada beberapa alternatif pengobatan yang dapat dibuat di rumah yang dapat membantu Anda. Obat ini dapat mencegah infeksi dari penyebaran lebih lanjut, dilansir laman Boldsky, Kamis (23/6/2016).

1. Madu

Madu berfungsi sebagai obat yang ideal untuk memberikan bantuan dari kemacetan di dada. Juga membantu proses penyembuhan serta melarutkan lendir. Ambil satu sendok makan madu, dicampur dengan bawah putih atau jahe.

2. Air panas

Minum air panas secara berkala dapat membantu kemacetan di dada. Juga meningkatkan asupan air hingga bisa melarutkan lendir yang berbahaya.

3. Sop

Semangkuk sup ayam dapat memberikan keajaiban untuk mengobati masalah Anda. Juga bisa mengurangi peradangan, serta mengusir dahak.

4. Susu dengan kunyit

Sifat antibakteri dan anti-inflamasi pada kunyit akan aktif jika disatukan dengan susu. Kedua bahan ini juga bisa menenangkan ketidaknyamanan serta mencegah infeksi dari penyebaran lebih lanjut.

Tambahkan satu sendok teh kunyit bubuk ke dalam segelas susu hangat. Konsumsilah pada siang hari, untuk menghilangkan ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Catatan: Jika Anda masih merasa ada masalah kesehatan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.