Sukses

Olahraga Tak Bikin Berat Badan Turun

Sebuah penelitian telah menemukan berolahraga mungkin tidak membuat berat badan Anda turun.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian telah menemukan berolahraga mungkin tidak membuat berat badan Anda turun. Tapi itu akan menyingkirkan lemak tersembunyi yang disimpan di sekitar organ-organ internal Anda.

Studi dari program kebugaran mengungkapkan bahwa melakukan dua sampai enam bulan pelatihan ketahanan menyebabkan orang tak kehilangan apa-apa, termasuk berat badan. Tetapi ada kabar baiknya, olahraga bisa memotong lemak visceral tersembunyi yang dapat menyebabkan masalah kesehatan-terutama diabetes tipe 2, dan penyakit jantung serta peredaran darah.

Temuan ini menyoroti bagaimana beberapa orang tampak sehat, tapi sebenarnya banyak lemak di dalamnya. Orang seperti itu memiliki risiko lebih tinggi penyakit karena tidak berolahraga, dilansir laman Dailymail, Kamis (23/6/2016).

Para penulis dari Liverpool, John Moores University, dan Radboud University di Belanda berpendapat lemak visceral dapat menjadi ancaman besar bagi kesehatan. Jadi memotong kalori sangat baik, dengan beberapa latihan. Mereka melihat efek dari program kebugaran, pengurangan kalori atau keduanya.

Mereka menemukan bahwa setelah dua sampai enam bulan latihan penurunan berat badan, rata-rata hanya satu persen dari berat total-dengan kisaran berat badan di studi antara nol hingga empat kilogram.

Penulis menjelaskan jika Anda kehilangan lima persen berat badan setelah latihan olahraga, Anda akan mengurangi lemak visceral dengan 21,3 persen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini