Sukses

Tips Mudah Hindari Dampak Duduk Seharian

Berjalan bisa membakar banyak kalori, tapi berdiri mampu membakar sembilan kalori tambahan per jam dibandingkan hanya duduk seharian

Liputan6.com, Jakarta Anda tentunya sudah sering mendengar bahwa duduk seharian membawa dampak buruk bagi kesehatan, bukan? Bahkan sebuah studi terbaru menunjukkan, olahraga rutin tak cukup untuk membuat kita terhindar dari bahaya duduk seharian.

Lantas bagaimana jika pekerjaan kita mengharuskan kita duduk seharian di depan layar komputer?

Untungnya, Anda tak perlu melakukan olahraga ekstra untuk mengatasi hal itu. Anda pun tak perlu repot-repot menggunakan meja berdiri. Cukup pastikan Anda bergerak setidaknya beberapa menit setiap jam.

Melansir laman Business Insider, Kamis (23/6/2016), jalan adalah cara paling baik untuk menghindari dampak buruk duduk terlalu lama. Sebuah penelitian menunjukkan, kita memang membakar lebih banyak kalori berdiri ketimbang berjalan. Tapi lebih baik berdiri dan melakukan peregangan daripada hanya duduk diam seharian.

Jika Anda bekerja dengan sistem kerja 9 to 5, sebuah studi menyarankan untuk setidaknya melakukan lebih dari 16 menit lebih panjang setiap hari agar terhindari dari risiko berbahaya duduk seharian. Intinya, tak peduli apa profesi Anda, selama Anda selalu mengambil jeda di sela-sela waktu duduk dengan melakukan aktivitas lainnya maka akan terhindar dari dampak buruk duduk seharian.

Berjalan bisa membakar banyak kalori, tapi berdiri mampu membakar sembilan kalori tambahan per jam dibandingkan hanya duduk seharian, jelas sebuah makalah. Terdengarnya mungkin sepele, tapi hal itu mampu membakar 80 kalori per hari, atau 400 kalori per minggu. dan 1600 kalori per bulan, dengan catatan Anda hanya bekerja delapan jam per hari, dan lima hari seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini