Sukses

Jahe Bantu Hentikan Kebiasaan Merokok

Zat alami dalam jahe bisa membantu untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Liputan6.com, Jakarta Merokok adalah kebiasaan adiktif yang membunuh ribuan orang setiap tahunnya. Ada lebih dari 4.000 bahan kimia berbahaya dalam rokok. Mereka yang merokok berisiko tinggi menderita sejumlah penyakit degeneratif termasuk kanker, masalah kardiovaskular, gangguan kulit, kerusakan paru-paru, serta pembusukan gigi dan mulut.

Berhenti merokok bisa menjadi tugas yang sulit. Namun, zat alami seperti jahe ditemukan dapat membantu dalam beberapa kasus. Meski begitu, sebaiknya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan herbal.

Berikut cara memakai jahe untuk berhenti merokok sebagaimana dilansir dari Livestrong, Kamis (23/6/2016):

Langkah 1

Ambil beberapa jahe alami. Jahe diketahui dapat membantu perokok berhenti karena kemampuannya untuk membantu meringankan mual. Rasa mual muncul akibat nikotin dari berhenti merokok. 

Langkah 2

Konsumsi kapsul jahe. Jahe dapat dibeli kering dalam bentuk kapsul. Menelan jahe murni dengan cara ini dapat mendukung rencana untuk berhenti merokok, karena jahe memiliki efek pemanasan dalam tubuh, yang mempromosikan keringat. Berkeringat adalah cara alami tubuh untuk mengeluarkan racun yang dapat membantu meringankan beban beberapa bahan kimia dari tubuh karena detoksifikasi dari kecanduan rokok.

Langkah 3

Minum teh jahe. Saat memutuskan ingin berhenti merokok akan sering muncul keinginan merokok kembali yang sulit untuk diabaikan. Alih-alih merokok kali ini, siapkan secangkir teh jahe panas. Tindakan ini efektif karena membantu membentuk kebiasaan baru di tempat yang lama. Selain mencegah tubuh dari keinginan merokok, jahe akan membantu detoksifikasi dan meringankan mual yang mungkin terasa pada saat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini