Sukses

Cara Sederhana Atasi Cedera Leher

Liputan6.com, Jakarta Cedera leher (whiplash), terjadi ketika kepala Anda bergerak mundur dan kemudian maju secara tiba-tiba. Biasanya akibat tabrakan dari arah belakang atau depan mobil. Gerakan ekstrem ini mendorong otot leher dan ligamen untuk bergerak di luar kisaran normal.

Orang yang terkena cedera leher biasanya membutuhkan 6 sampai 12 jam untuk penyembuhan, namun bisa juga bertambah parah untuk beberapa hari.

Penyakit ini biasanya sembuh sendiri, tetapi Anda bisa membantu penyembuhannya dengan cara berikut, dikutip dari laman WebMD, Rabu (22//6/2016):

1. Es
Untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, Anda bisa mengompres leher dengan es selama 20-30 menit setiap tiga sampai empat jam selama dua sampai tiga hari.

2. Obat penghilang rasa sakit
Minum obat penghilang rasa sakit yang tentunya sudah direkomendasikan oleh dokter Anda.

3. Penyangga leher
Penyangga leher berfungsi untuk menyokong leher Anda yang belum sembuh. Namun alat in tidak bisa digunakan secara terus-menerus karena bisa melemahkan otot leher Anda.

4. Plester hangat
Gunakan pada leher yang cedera, setelah pembengkakan hilang, bisa gunakan handuk basah hangat atau mandi dengan air hangat.