Sukses

Mau Anak Langsing? Begini Caranya

Ingin anak tidak gemuk, harus dimulai bagaimana orangtua menjalankan pola hidup yang sehat

Liputan6.com, Jakarta Orangtua jangan hanya menyuruh anak untuk aktif bergerak agar mereka memiliki tubuh ideal. Orangtua juga harus memberi contoh yang baik dan mendukung anak supaya mereka tambah semangat.

Bagaimana juga pola hidup sehat dimulai dari keluarga. Jangan sekadar menyuruh, memerintah, apalagi sampai menyudutkan anak lantaran mereka memiliki tubuh gemuk.

"Sama-sama jalankan pola hidup sehat. Orangtua harus memberi role model. Nah, kalau orangtuanya juga gemuk, jangan sekadar menyuruh anak untuk aktif, tapi jadikan kesempatan itu untuk sama-sama mendapatkan tubuh ideal," kata Psikolog Anak dan Keluarga, Sutji Sosrowardojo dalam diskusi "Isu Body Image pada Anak Usia Pra-Remaja" di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2016). siang.

Sutji juga mengatakan, sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan orangtua supaya anak punya badan yang ideal, "Jangan ditanam di pikiran mereka bahwa kurus atau berat badan ideal supaya jadi peragawan. Melainkan untuk sama-sama sehat dan katakan jika badan gemuk terkena penyakit lebih besar dibanding orang yang sehat."

Orangtua harus mencari tahu kegiatan apa yang cocok dilakukan anak untuk membantu mereka dapatkan tubuh ideal. Sebab, orangtua yang paling tahu minat anaknya.

"Jadikan ini isu keluarga. Anda bersama anak-anak setiap berapa kali dalam seminggu jalan kaki bersama-sama," kata Sutji

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.