Sukses

Tips-tips Bugar ala RAN Selama Puasa

Liputan6.com, Jakarta Menjalani puasa di bulan Ramadan tak menghalangi ketiga cowok yang tergabung dalam grup musik RAN untuk tetap beraktivitas, mulai manggung, siaran radio, dan juga tampil di televisi. Rayi, Nino, dan Asta, bersyukur memiliki segudang kegiatan di bulan suci.

"Kegiatannya sih sama saja. Kami justru senang banyak kegiatan jadinya nggak banyak bengong. Jadi puasanya nggak terasa, karena kan nggak kepikiran," terang Rayi, saat berkunjung ke redaksi Liputan6.com, Senayan, Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Ketiga cowok ini pun mengaku tak merasa lemas selama 16 hari berpuasa. Rupanya, mereka pun punya tips bugar yang selalu mereka jalani saat berpuasa.

1. Konsumsi makanan bergizi

Bagi RAN selama berpuasa mereka selalu mengonsumsi makanan bergizi, dan seimbang seperti daging, sayuran, buah-buahan yang mengandung air. Mereka juga tidak melupakan protein yang terkandung dalam ikan. Hal lainnya yang tak pernah ditinggal ketiga cowok ini adalah minum air puth saat sahur, dan berbuka.

2. Olahraga

Walau intensitasnya tak sama dengan hari lainnya, namun mereka tidak meninggalkan olahraga. "Biasanya olahraga dilakukan menjelang buka atau setelah buka," ujar Rayi.

Sedangkan Asta menerapkan pola berolahraga sebelum berbuka. Di waktu buka ia tak langsung mengonsumsi makanan berat. "Pas buka puasa biasanya saya nggak pilih makanan berat dulu. Dan saya mengisi perut nggak sampai kenyang. Setelah itu baru deh disambung makanan berat."

yang diberikan Ran selama bulan puasa, adalah makan makanan bergizi dan seimbang seperti daging ayam, sop, sayur-sayuran, buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, melon , jeruk makanan berprotein seperti ikan, dan banyak minum air putih saat sahur dan berbuka.

3. Hindari bau mulut

Bau mulut memang tak membuat badan lemas, namun mengurangi percaya diri selama menjalani aktivitas. Untuk itu, ketiga cowok ini mencoba mengurangi asupan yang menimbulkan bau pada mulut. 

"Kalau hari-hari biasa kan cukup sikat gigi saja. Tapi selama puasa dibantu dengan memakai mouthwash biar lebih terjaga kesehatannya," lanjut Rayi yang diiyakan kedua temannya.