Sukses

Makanan Ini Bikin Jantung Sehat

Berikut daftar makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia kalau jantung adalah bagian paling vital dalam tubuh, sehingga sangat penting untuk menjaganya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah berolahraga, diet yang sehat, dan benar.

Mengonsumsi protein, gandum, dan sayuran adalah pilihan yang tepat untuk jadwal makan sehari-hari. Namun ada beberapa makanan yang tidak begitu baik untuk kesehatan jantung. Berikut adalah daftar makanan sehat yang dapat menjaga kesehatan jantung seperti yang dilansir dari ehow.com, Rabu (22/6/2016) :

1. Oats

"Oatmeal secara konsisten dapat menurunkan kadar kolestrol yang terkait dengan senyawa seperti beta glucan yang merupakan serat larut yang kuat," kata Layne Lieberman , R.D. , seorang ahli gizi kuliner dan penulis buku " Beyond Diet Mediterania : European Secrets of the Super-Healthy."

2. Ikan

Dr. Matthew Budoff, M.D., seorang ahli jantung yang bekerja di The Los Angeles Biomedical Research Institute, mengatakan bahwa ikan kaya akan omega-3 yang bisa membantu melindungi dari serangan jantung.

3. Kacang-kacangan

Kacang memiliki reputasi yang kuat untuk jantung, namun jangan asal kacang yang dikonsumsi. Lieberman menyarankan agar mengonsumsi kacang kenari, karena kacang ini mengandung dosis omega-3 yang lebih daripada kacang lainnya.

4. Smoothie

Lieberman menyarankan agar membuat smoothie dengan pisang dingin, satu sendok bayam, satu mangga, dan 1,5 mangkuk susu almond. Bayam memberikan dosis yang besar antioksidan, termasuk Vitamin C, Vitamin E, Vitamin A, manganese, zinc, dan selenium.

5. Kedelai

Mark Messina, Ph.D., M.S., ahli kesehatan kedelai untuk The United Soybean Board, mengatakan bahwa kedelai mengandung vitamin E, esensial omega-6 dan omega-3 lemak tak jenuh jamak yang akan menaikkan kesehatan kardiovaskular (penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah). 

6. Ubi Manis

Ubi manis yang dibakar adalah pilihan yang tepat untuk jantung yang sehat. Ubi merupakan makanan yang mengandung kalsium, potasium serta vitamin A dan C. Lieberman mengatakan, "Ubi manis bebas lemak, memiliki sodium yang rendah dan merupakan makanan paling bernutrisi, serta merupakan sumber serat yang baik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini