Sukses

Etiket Suami Istri Saat di Rumah

etiket merupakan hal dasar yang harus dimiliki manusia.

Liputan6.com, Jakarta Tak selamanya orang berpendidikan memiliki tata krama. Padahal menurut pakar etiket Gyles Brandreth, etiket merupakan hal dasar yang harus dimiliki manusia.

Dimanapun Anda berada, sopan santun paling penting di rumah. Seorang pria misalnya harus mengatakan 'terima kasih, sayang' dan tidak membaca koran atau membuka gawai jika istrinya sedang duduk disampingnya.

Sebaliknya, seorang wanita--kecuali dia sakit, dia harus bangun dan memasak sarapan untuk suaminya sebelum dia pergi bekerja di pagi hari. Tak peduli apa yang Anda lakukan di pagi hari, mengenakan daster lusuh dan sandal jepit pun tak masalah.

Dimanapun Anda berada, sopan santun peduli. Dan mereka paling penting di rumah, kata ahli etiket Gyles Brandreth," kata Brandreth, dikutip Dailymail, Selasa (21/6/2016):

Tak cukup sampai disitu, Brandreth menjelaskan bagaimana seharusnya pasangan suami istri bersikap di rumah, seperti berikut:

1. Jangan tolak apa yang pasangan berikan. Katakan 'Silakan', 'Terima Kasih', dan jika Anda seorang pria, jangan segan untuk mengatakan 'Maaf' sesering mungkin.

2. Lakukan apa yang Anda telah selesaikan dan berikan contoh baik pada anak.

3. Biasakan menjaga kebersihan diri, terumata barang-barang pribadi.

4. Jangan berantakan di kamar mandi (biasanya hal ini paling sering terjadi pada wanita).

5. Rapikan seprai.

6. Ingat tanggal menikah.

7. Jangan mengorok--kalaupun Anda mengalaminya, kurangi berat badan untuk tidak lagi mengorok.

8. Jangan bawa kebiasaan buruk selama masih sendiri yang membuat pasangan tidak nyaman.

9. Jangan lupa untuk saling mencium sebelum tidur.

10. Selalu mengucapkan selamat pagi saat bangun tidur, dan selamat malam sebelum tidur.

Jika ingin menjadi ayah ideal, kata Brandreth, mungkin Anda bisa menyontoh sosok Perdana Menteri Benjamin Disraeli. Sebab istrinya selalu mengatakan, suaminya tak pernah putus untuk memberikan dia cinta, kasih sayang, persahabatan, kepercayaan dan bersikap baik. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini