Sukses

Ini Penyebab Kanker Perut

Laporan baru menunjukkan bahwa minuman alkohol, daging yang sudah diproses, dan obesitas bisa menyebabkan kanker perut.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang dilansir dari NBC News, Senin (20/6/2016), laporan baru menunjukkan bahwa minuman alkohol, daging yang sudah diproses, dan obesitas bisa menyebabkan kanker perut.

Laporan mengatakan, "Ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa meminum sekitar tiga atau lebih minuman alkohol per hari, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker perut. Memakan daging yang sudah diproses, seperti daging yang diasap, dibumbui, atau diasinkan, seperti contohnya daging babi, bacon, daging asap, hot dog dan beberapa sosis dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini."

ketiga hal di atas ternyata berhubungan juga dengan penyakit kanker lainnya, seperti kanker usus besar dan kanker payudara. Namun hal ini merupakan kali pertama mereka dikaitkan dengan kanker perut.

Kanker perut memiiki gejala yang samar-samar. Sehingga hal ini membuat diagnosis semakin parah dengan berjalan nya waktu dan hanya sekitar seperempat pasien yang bertahan hidup.

"Obesitas sekarang ini dikaitkan dengan 11 tipe penyakit kanker. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan semua orang untuk mencegahnya. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, konsumsilah lebih banyak sayuran, kacang-kacangan, buah, dan makanan sehat lainnya," ujar Alice Bender dari American Institute for Cancer Research (AICR) yang melakukan studi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini