Sukses

Perut Sering Mulas dan BAB Setelah Makan, Pertanda Penyakit?

Ketika perut mulas dan dirasakan tepat setelah makan tentu dirasa cemas. Perlukah khawatir karena tanda penyakit?

Liputan6.com, Jakarta Ketika perut mulas dan dirasakan tepat setelah makan tentu dirasa cemas. Perlukah khawatir karena tanda penyakit?

Dikutip dari Health24.com, kondisi itu cenderung merujuk pada saluran pencernaan yang tidak tumbuh. Sebab, aktivitas BAB tepat setelah makan merupakan refleks yang dimiliki bayi baru lahir. Nah, pada sebagian orang, refleks ini tetap ada meski saluran cerna mereka tumbuh seperti orang normal lainnya.

Kendati bukan merupakan kondisi ideal, tetapi siapapun yang mengalami hal ini tidak harus panik berlebihan karena tidak menyebabkan penyakit kronis tertentu. Ditekankan pula, feses yang dikeluarkan setelah Anda makan bukanlah asupan yang baru dimakan saat itu. 

Yang perlu dikhawatirkan apabila feses yang dikeluarkan disertai dengan darah atau bau yang sangat tidak sedap. Jika ini terjadi, sebaiknya periksakan diri ke dokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini