Sukses

Cara Mencegah dan Mengobati Jamur Ringworm

Liputan6.com, Jakarta Mencegah terkena jamur ringworm sebenarnya sulit. Tetapi Anda bisa mengurangi risiko terkena jamur ini dengan mengikuti beberapa panduan sederhana.

Berikut beberapa tips pencegahan yang membantu meminimalisir kesempatan terkena penyakit ini, seperti yang dilansir dari Medicinenet, Jumat (17/6/2016):

1. Jangan saling berbagi pakaian, alat olahraga, handuk, atau sprei.

2. Gunakan sandal di kamar ganti, kolam renang umum, dan area tempat mandi.

3. Mandilah dengan benar setelah berolahraga yang mencakup kontak kulit ke kulit.

4. Gunakan pakaian yang longgar. Ganti kaos kaki dan pakaian dalam setidaknya sehari sekali.

5. Jagalah kulit Anda agar tetap bersih dan kering, serta selalu keringkan tubuh Anda setelah mandi.

6. Jika Anda memiliki kaki atlet, gunakan kaos kaki sebelum memakai pakaian dalam, sehingga jamur tidak tersebar dari kaki ke selangkangan Anda.

7. Bawalah peliharaan Anda jika memperlihatkan gejala seperti beberapa rambut hilang atau rontok, yang mungkin bisa menjadi tanda dari infeksi jamur ringworm.

Dan bagaimana jika Anda sudah terlanjur terkena jamur Ringworm?

Cara mengobatinya adalah mengoleskan obat antijamur yang mengandung clotrimazole (Cruex, Desenex, Lotrimin), miconazole (Monistat-Derm), ketoconazole (Nizoral) dan terbinafine (Lamisil).

Pada infeksi yang berat atau pada tubuh yang resistan seperti kulit kepala atau kuku, pengobatan luar dengan terbinafine, itraconazole (Sporanox), and fluconazole (Diflucan) sangat diperlukan.