Sukses

8 Tipe Jamur Kulit Sesuai Tempat Hidup

Liputan6.com, Jakarta Penyakit jamur Ringworm adalah gangguan umum pada kulit yang dikenal sebagai tinea yang bisa mempengaruhi beberapa bagian tubuh. Munculnya jamur ini disebabkan karena adanya kontak langsung dengan manusia, hewan, objek, atau bahkan tanah. Sehingga menyebabkan penyakit ini sangat mudah menular pada orang lain.

Berikut adalah tipe-tipe jamur ringworm yang bisa ditemukan dari kepala hingga kaki, seperti yang dilansir dari Medicinenet, Jumat (17/6/2016):

1. Jamur ringworm pada tubuh (Tinea Corporis)

Ketika jamur ini mempengaruhi kulit tubuh, ia sering menghasilkan bintik-bintik bulat khasnya yang ditandai dengan bintik merah kecil yang melepuh atau bintik merah bersisik yang tumbuh keluar bersamaan dengan menyebarnya infeksi. Meskipun khususnya anak-anak sangat rentan terhadapnya, jamur ini juga bisa mempengaruhi orang dewasa.

2. Jamur ringworm pada kulit kepala (Tinea Capitis)

Jamur ringworm pada kulit kepala umumnya mempengaruhi anak-anak, kebanyakan jamur ini menyerang pada masa akhir kanak-kanak atau remaja. Kondisi ini dapat menyebar di sekolah-sekolah. Tinea capitis muncul bersamaan dengan adanya pitak pada rambut (berbeda dengan seborrhea atau ketombe misalnya, yang tidak menyebabkan rambut rontok).

3. Jamur ringworm pada kaki (Tinea pedis)

Tinea pedis umumnya yang paling sering terjadi pada kulit. jamur ini adalah yang paling sering dan mungkin yang paling sulit dihilangkan. Disebut juga sebagai kaki atlet, karena menyebabkan peradangan pada jaringan kaki, terutama di antara jari kaki keempat dan kelima. Bentuk umum lain dari tinea pedis adalah penebalan atau sisik pada kulit tumit dan telapak kaki, serta lecet di antara jari kaki atau jari lainnya. 

1 dari 2 halaman

Jamur ringworm di lipatan paha

4. Jamur ringworm pada selangkangan (Tinea cruris)

Jamur yang biasanya muncul di selangkangan cenderung memiliki warna kemerahan dan menyebar mulai dari lipatan paha sampai salah satu paha atau kedua paha.

5. Jamur ringworm pada jenggot (Tinea barbae)

Jamur ringworm ditemukan pada wajah yang berjenggot sampai leher, dengan pembengkakan yang juga ditandai dengan pengerasan kulit, seringkali dengan rasa gatal, kadang-kadang juga menyebabkan rambut rontok pada jenggot.

6. Jamur ringworm pada wajah (Tinea faciei)

Ringworm pada wajah di luar area jenggot yang dinamakan tinea faciei. Di wajah, jamur ini berbentuk bulat. Secara karakteristik, jamur ini menyebabkan kemerahan dengan pinggiran yang tidak begitu jelas.

7. Jamur ringworm pada Tangan (Tinea manus)

Ringworm yang terdapat pada tangan, terutama pada telapak tangan dan ruang-ruang antara jari-jari. Jamur ini biasanya menyebabkan penebalan (hiperkeratosis) di daerah-daerah tersebut, seringkali hanya pada satu sisi. Tinea manus adalah pendamping umum tinea pedis (ringworm pada kaki ) juga disebut tinea manuum.

8. Jamur ringworm pada kuku (Tinea Unguium)

Jamur ini adalah yang paling umum muncul di kuku, bisa juga disebut onychomycosis. Jamur ini dapat menyebabkan jari kuku terlihat putih, tebal, buram, dan rapuh. Kuku palsu atau buatan dapat meningkatkan atau membawa infeksi, serta air dapat berkumpul di bawah kuku buatan, membuatnya lembap dan bisa menguntungkan bagi pertumbuhan jamur.