Sukses

Kiat Hilangkan Perut Kembung Seusai Makan

Liputan6.com, Jakarta Terkadang setelah makan, perut kita menjadi kembung. Professor Joan Salge Blake, RD dan asisten profesor Lona Sandon, RD, menjelaskan penyebabnya.

"Mengonsumsi sedikit makanan dapat membantu mengurangi perut kembung," ujar Joan Salge Blake, RD, profesor klinis dari Department of Health Sciences di Boston University, Amerika Serikat.  Joan juga menyarankan agar makan pelan-pelan. "Makan atau minum terlalu cepat dapat menyebabkan masuknya udara yang berlebihan ke perut, hal ini memberikan kontribusi untuk masalah ini," katanya.

Karena itu, kata Joan cobalah mengontrol apa yang Anda makan. "Makanan berlemak memakan waktu lebih lama untuk dicerna," kata Lona Sandon, RD, asisten profesor dari Department of Clinical Nutrition di University of Texas Southwestern Medical Center, Dallas.

Ia menambahkan bahwa, sayuran seperti brokoli, kembang kol , dan kacang-kacangan dapat menyebabkan lebih banyak gas yang terbentuk saat dicerna di dalam usus kecil. Tentu saja hal ini tidak berarti Anda harus menghindari hal ini, tetapi cobalah hanya memakan porsi yang sedikit dari makanan tersebut untuk melihat apakah tubuh mencerna makananan tersebut secara mudah.

Berikut adalah beberapa ide untuk mengurangi perut kembung setalah makan:

1. Minum banyak cairan, seperti air putih untuk membantu pencernaan. Minumlah perlahan sepanjang hari. Jangan menenggak terlalu cepat, karena hal tersebut merusak tujuan mengurangi perut kembung.

2. Makan yoghurt untuk menambahkan kandungan probiotik. Makan yoghurt berguna untuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Tetapi perlu diingat, mungkin akan memakan beberapa waktu atau beberapa minggu untuk melihat efeknya.

3. Berjalan-jalan dan berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi perut kembung dan membantu pencernaan seluruhnya.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Penyebab Perut Buncit yang Tak Bisa Hilang dengan Olahraga
Artikel Selanjutnya
Kembung Masalah Serius, Jangan Dianggap Remeh