Sukses

5 Efek Alkohol yang Lunturkan Kecantikan Wanita

Berikut lima efek alkohol yang dapat merenggut kecantikan wanita.

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah pesta alkohol bersama kerabat dekat mungkin akan terasa menyenangkan, namun tahukah Anda alkohol dapat menyebabkan kecantikan wanita meluntur dengan cepat?

Mengutip laman Total Beauty, ditulis Kamis (16/06/2016) efek alkohol bukan saja hanya merugikan organ tubuh bagian dalam--bahkan khususnya pada wanita alkohol akan berdampak buruk bagi kulit hingga rambut wanita.

1. Alkohol mempercepat proses penuaan

Usai mengonsumsi minuman beralkohol lalu terbangun di pagi hari tubuh akan mengalami dehidrasi. Kondisi ini dapat menghambat produksi vasopressin (hormon anti-diuretik yang menjaga keseimbangan kadar air di dalam tubuh).

Saat mengonsumsi alkohol ginjal akan bekerja secara terpaksa untuk membuang air secara berlebih dan menyebabkan kulit mudah kering. Kondisi kulit kering akan mempengaruhi kulit jadi cepat keriput dan tidak lembab.

Hal ini menunjukan bahwa alkohol sangat mempercepat proses penuaan tampilan para wanita.

2. Memperburuk kulit

Alkohol dapat menyebabkan kemerahan pada kulit, terutama pada pipi dan hidung. National Rosacea Society melakukan survei kepada 1.066 pasien dan menemukan 52 persen kondisi pasien yang mengonsumsi alkohol mengalami kulit yang memerah.

Alkohol akan meningkatkan aliran darah dan melebarkan pembuluh darah kecil yang paling dekat dengan lapisan luar kulit, sehingga menyebabkan permukaan kulit menjadi berubah dengan cepat.

3. Alkohol sebabkan perut kembung

Efek pada perut setelah mengonsumsi alkohol tak berbeda dengan proses perubahan kulit. Saat mengonsumsi alkohol tubuh akan merampok cairan dan elektrolit sehingga menyebabkan jaringan membengkak dan menyebabkan perut kembung.

4. Alkohol mempengaruhi mata

Alkohol menyebabkan pembuluh kapiler merusak wajah Anda yang juga mengganggu mata. Kondisi tersebut akan memperbesar pembuluh darah kecil pada permukaan mata Anda (sclera) yang menyebabkan mata merah.

5. Alkohol dapat merusak rambut

Penggunaan alkohol yang berlebihan dapat memicu defisiensi zinc dalam tubuh yang telah terbukti menyebabkan rambut rontok. Bukan hanya itu alkohol yang sebabkan tubuh dehidrasi akan melemahkan rambut dan rentan dari kerapuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini