Sukses

8 Jenis Puting Payudara dengan Karakteristik Berbeda

Telah ditemukan delapan jenis puting milik perempuan yang harus Anda ketahui

Liputan6.com, Jakarta Dokter kulit dan dokter anak dari Beverly Hills, Amerika Serikat, Dr Tsippora Shainhouse, menemukan ada delapan jenis puting payudara dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Jenis puting payudara yang ditemukan itu termasuk yang berbulu, menonjol, datar, terbalik, dan sedikit terlihat seperti bengkak. Semuanya dalam kondisi normal dan sehat.

Menurut Tsippora, jika perempuan melihat perubahan puting payudara dari terbalik ke menonjol, ada baiknya melakukan konsultasi ke dokter.

Berikut delapan jenis puting payudara yang ditemukan Dr Tsippora Shainhouse, dikutip dari Daily Mail, Kamis (16/6/2016)

1. Menonjol

Puting menonjol beberapa milimeter dari permukaan areola (kulit yang lebih gelap dari kulit sekitar puting). Biasanya mengarah ke luar dan dapat menjadi keras jika dirangsang atau berada di tempat dingin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2. Pipih

2. Pipih

Puting payudara yang pipih akan sedikit menonjol karena dingin atau rangsangan.

3 dari 8 halaman

3. Gembung

3. Gembung

Puting yang gembung bisa mengeras saat dingin atau rangsangan. Puting payudara yang terletak di areola tampak seperti gundukan kecil yang mengembung di atas payudara.

4 dari 8 halaman

4. Terbalik

4. Terbalik

Puting payudara ini terlipat ke dalam. Namun, Anda dapat menariknya keluar dengan menggunakan jari, tapi tak jarang mengalami kesulitan karena ototnya terlalu kencang.

5 dari 8 halaman

5. Terbalik di satu sisi

5. Terbalik di satu sisi

Jangan panik jika memiliki puting payudara model begini. Ini masih terbilang aman, selama itu terjadi sejak Anda lahir. Namun, Anda harus waspadai kanker jika puting payudara terbalik di satu sisi baru terjadi belakangan ini.

6 dari 8 halaman

6. Bergelombang

6. Bergelombang

Benjolan ini disebut kelenjar Montgomery dan terkadang dapat terlihat seperti komedo putih.

7 dari 8 halaman

7. Berbulu

7. Berbulu

Anda dapat mencabut bulu yang terdapat di puting payudara menggunakan penjepit.

8 dari 8 halaman

8. Puting tambahan

8. Puting tambahan

Sejumlah orang memiliki puting tambahan yang terlihat seperti tahi lalat datar atau ada juga yang memang mirip puting payudara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini