Sukses

Jam Masuk Sekolah Pengaruhi Prestasi Anak?

Jam berapa seharusnya anak masuk sekolah? Yang pasti, jam 07.00 tidak ideal untuk mereka.

Liputan6.com, Jakarta Jam masuk sekolah paling ideal dimulai pada pukul 08.30 pagi dan bukan 07.00, apalagi 06.30 pagi. Biarkan anak mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, sehingga bisa fokus selama mereka mengikuti pelajaran di kelas.

American Medical Association (AMA) setuju dengan hal itu. Pemerintah harus tahu bahwa tidur yang tidak memadai terkait dengan sejumlah masalah mental dan fisik. Kinerja memori, suasana hati, dan fungsi kekebalan tubuh bisa terganggu. Akibatnya bakal buruk bagi peningkatan indeks massa tubuh (BMI).

"Kurang tidur bisa menimbulkan masalah kesehatan di masyarakat. Payahnya, ini sudah jadi masalah umum yang dapat memengaruhi para remaja. Ini bisa menyebabkan tekanan mental, fisik, dan gangguan lainnya," kata anggota dewan AMA, Dr William Kobler, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (16/6/2016)

Dari bukti ilmiah yang ada, tutur William, tidur yang cukup dan berkualitas memungkinkan para remaja meningkatkan prestasi akademiknya di sekolah. "Sayang, hanya 32 persen remaja Amerika yang dilaporkan mendapatkan setidaknya delapan jam waktu tidur di malam hari," kata William.

The American Academy of Pediatrics merekomendasikan waktu tidur di malam hari untuk remaja adalah8,5 sampai 9,5 jam setiap malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini