Sukses

Benarkah Terapi Urine Mampu Singkirkan Jerawat?

Kandungan urea dalam urine dipercaya dapat menjadi obat ampuh singkirkan jerawat, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Permasalahan jerawat yang tak kunjung usai membuat individu pantang menyerah mencari jalan untuk memerangi jerawat pada wajah. Bahkan sebuah metode rumahan terbaru menggunakan urine dipercaya mampu singkirkan jerawat.

Mengutip laman Women's Health, Kamis (16/6/2016), seorang wanita asal Inggris menggunakan urine untuk membersihkan jerawat dari wajahnya. Urine yang digunakan sebagai toner wajah dipilih oleh wanita tersebut untuk mengobati masalah jerawat di wajah.

Menanggapi hal tersebut, seorang dermatologis sekaligus pemilik BeautyRx, Neal Schultz, MD, mengatakan, "Urine terdiri dari 95 persen air yang memiliki konsentrasi tinggi dari komponen urea yang bertindak seperti exfoliant, yang berkemungkinan memiliki manfaat bagi perawatan kulit."

Schultz menjelaskan bahwa urea berguna sebagai pelembap dan pengelupasan kulit di beberapa produk perawatan wajah. Urea yang bekerja sebagai keratolitik (obat yang menghilangkan lapisan keratin di luar kulit digunakan untuk mengobati gangguan kulit) mampu melarutkan lapisan luar kulit yang ternodai jerawat.

"Bahkan urea adalah bahan yang bagus untuk perawatan kulit karena tidak membuat kulit mengelupas dan kering. Namun, faktanya urine mengandung proporsi urea yang sangat kecil bahkan hampir tidak akan membuahkan hasil apa pun," ujarnya.

Hanya 5 persen kemungkinan jerawat akan menghilang dengan penggunaan terapi urine.

Schultz lebih merekomendasikan untuk menggunakan teh hijau, sari cuka apel, dan teatree oil yang lebih berkhasiat untuk mengusir jerawat pada wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini