Sukses

Senam Wajah Justru Bikin Cepat Tua, Kenapa?

Sebenarnya senam wajah tidak dianjurkan jika ingin wajah tetap terlihat muda.

Liputan6.com, Jakarta Cukup banyak hal yang dapat kita hindari guna mencegah terjadinya penuaan dini. Salah satu di antaranya, berhenti melakukan facial exercise (senam wajah).

Sebagian orang mungkin sering melakukan facial exercise karena percaya dapat mengencangkan, mengangkat, dan mempertegas tampilan wajah. Dan juga dapat meningkatkan sirkulasi sehingga wajah tampak lebih cerah. 

Tapi sebenarnya senam wajah tidak dianjurkan jika ingin wajah tetap terlihat muda. Seperti yang dipaparkan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah-Puri Indah, dr Susie Rendra, SpKK, terlalu sering menggerakkan otot malah memudahkan munculnya kerut di wajah.

"Namun sebenarnya, senam wajah itu enggak boleh. Cepat sekali terjadi proses penuaan. Terlalu sering kita menggerakkan otot itu, memudahkan area sekitar jadi kerut. Terlalu sering angkat-angkat alis juga bikin proses itu cepat terjadi. Makanya saya bilang, facial exercise tidak dianjurkan kalau kita bicara mengenai penuaan," kata dr Susie Rendra di acara "Tampil Lebih Segar Menyambut Hari Raya dengan SCT System dan Teknologi Laser" di kawasan Senayan, Senin (13/6/2016)d

Ada faktor ekstrinsik lainnya yang dapat kita lakukan untuk mencegah penuaan dini selain facial exercise, yaitu tidak stres, tidur yang cukup, tidak minum alkohol, dan tidak mengonsumsi banyak makanan dan minuman manis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.