Sukses

5 Manfaat Lavender Sebagai Insektisida hingga Penenang

Liputan6.com, Jakarta Bunga lavender dikenal sangat ampuh mengusir nyamuk. Demikian juga minyak esensial yang dihasilkannya. Minyak esensial yang terkandung dalam bunga lavender memberi aroma menyegarkan yang tidak disukai nyamuk. Namun tahukah Anda, lavender tak hanya ampuh mengusir nyamuk? Berikut beberapa manfaat lain dari lavender, seperti dikutip dari Organiclife, Kamis (16/6/2016)

1. Insektisida
Lavender kering menjadi alternatif alami pengganti kapur barus, yang berfungsi sebagai pestisida beracun. Sebuah studi menemukan bahwa minyak esensial lavender sangat efektif membunuh jenis ngengat tertentu seperti Orgyia trigotephras.

Caranya: isi kantong kain kecil dengan bunga lavender kering lalu simpan atau selipkan di lemari pakaian Anda. Kantong lavender akan bekerja seperti layaknya kapur barus dalam lemari, mengusir ngengat dan meninggalkan bau segar pada pakaian Anda.

2. Antibakteri
Minyak esensial lavender memiliki sifat antibakteri, sehingga sangat populer sebagai bahan campuran sabun pembersih tangan.

3. Membersihkan tanah yang tercemar
Beberapa penelitian menyatakan bahwa menanam lavender adalah cara efektif untuk mengembalikan tanah yang terkontaminasi logam berat, polutan, dan lainnya khususnya pada lahan bekas tambang. Bahkan lebih baiknya lagi polutan yang tersisa di dalam tanah tidak mempengaruhi kualitas tanaman lavender khususnya kualitas minyak esensial.

4. Terapi aroma saat mandi
Nikmati aroma terapi dari bunga lavender yang memberikan efek menenangkan. Siapkan campuran rosemary, lavender dan garam mandi sebagai terapi rendam. Atau campurkan ke dalam shampo. Anda akan merasakan tubuh lebih segar dan wangi.

5. Menenangkan
Selama berabad-abad lalu aroma lavender memberi efek menenangkan. Tempat terbaik untuk memperoleh manfaat tersebut adalah tempat tidur. Semprotkan minyak esensial lavender di atas tempat tidur, atau selipkan satu kantong bunga lavender di bawah bantal dan nikmati malam dengan aroma lavender yang akan mengantar tidur Anda menjadi lebih nyaman.