Sukses

Cuci Piring dengan Tangan Bisa Kurangi Risiko Alergi pada Anak

Cuci piring dengan tangan mencegah berkembangnya alergi pada anak.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada orang yang suka melakukan kegiatan mencuci piring. Tapi ternyata dengan melakukan tugas biasa ini mungkin akan menghasilkan sesuatu yang tak terduga.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics, mencuci piring dengan tangan daripada dengan menggunakan mesin pencuci piring, akan mencegah berkembangnya alergi.

Peneliti di Swedia mensurvei beberapa orangtua dari 1.029 anak usia tujuh dan delapan. Mereka menemukan bahwa anak-anak yang keluarganya mencuci piring dengan tangan daripada menggunakan mesin cuci piring lebih sedikit memiliki alergi.

Baru-baru ini peneliti menemukan bahwa piring yang dicuci dengan mesin pencuci piring sebenarnya lebih bersih daripada yang dicuci dengan tangan. Tetapi, mengapa anak-anak yang makan dari piring yang sedikit kotor lebih baik dalam mencegah alergi?

Satu penjelasan berdasarkan teori yang dikenal sebagai “hygiene hypothesis," mengatakan bahwa alasan mengapa alergi berkembang pada anak-anak karena lingkungan mereka terlalu bersih.

"Terkena kuman, terutama di awal kehidupan adalah pelatihan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh," ujar penulis utama studi tersebut, Dr. Bill Hesselmar dari Queen Silvia Hospital di Swedia.

"Anda menstimulasi sistem imun dengan berbagai cara dan sehingga menjadi toleran," tambahnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.