Sukses

6 Tips Kendalikan Rasa Ingin Pipis Terus

Tips untuk mengelola asupan cairan dan rasa ingin pipis terus.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda mempunyai Overactive Bladder (OAB), yaitu kandung kemih yang terlalu aktif, beberapa makanan dan minuman dapat membuat perubahan besar untuk gejala Anda. Tidak ada diet OAB, tapi terkadang apa yang Anda minum atau makan dapat memperburuk gejalanya. 

Utamakan air putih sebagai minuman Anda. Kafein dalam kopi mungkin akan memperburuk kandung kemih yang terlalu aktif.

Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun bagi penderita OAB, memilih berapa banyak dan kapan waktu minum sangat penting. Sejak dulu kita diberi informasi, penting untuk minum delapan gelas sehari. Namun, orang dewasa yang sehat mungkin tidak akan membutuhkan air putih sebanyak itu. The American Urogynecologic Society menyarankan agar meminum air putih saat Anda sedang haus.

Berikut adalah enam tips untuk mengelola asupan cairan Anda:

1. Beri jeda asupan cairan sepanjang hari, minum air di antara makan.

2. Kecuali Anda sedang berolahraga, jangan membawa botol air yang besar.

3. Isi cangkir atau gelas Anda setengahnya atau gunakan cangkir kecil.

4. Meminum air sedikit demi sedikit, jangan langsung minum banyak dalam satu waktu.

5. Jika Anda meminum cukup air, urine Anda akan berwarna kuning muda atau hampir tidak berwarna.

6. Ingat bahwa Anda juga mendapat asupan cairan dari makanan lain, seperti buah-buahan, sayuran, dan sup.

Tetapi perlu diingat, jika Anda secara drastis mengurangi cairan yang sepertinya merupakan cara yang baik untuk mengkontrol beser, minum terlalu sedikit akan menyebabkan konsentrasi urine dan berisiko infeksi saluran kemih. Temui dokter Anda jika Anda mengalami rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil, atau jika air seni keruh, gelap, atau berbau kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.