Sukses

Ribuan Orang Buktikan Diet Mediterania Mampu Cegah Diabetes

Diet mediterania kembali terbukti dapat melindungi kita dari diabetes tipe 2

Liputan6.com, Jakarta Dua ratus ribu profesional di bidang kesehatan di Amerika Serikat telah membuktikan diet mediterania dapat menghindarkan kita dari diabetes tipe 2.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mereka jalani diet mediterania ini selama 20 tahun. Mereka yang mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan tidak terlalu sering menyantap daging selama dua dekade kecil sekali kemungkinannya mengembangkan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 dapat berkembang pada usia berapa pun. Jika selama hidup kita kerap melakukan pola diet yang tidak sehat, besar sekali kemungkinan untuk mengidap kondisi yang satu ini.

Banyak ahli lalu menganjurkan konsumsi makanan tinggi serat, kaya antioksidan, asam lemak tak jenuh, dan mikronutrien seperti magnesium. Pola diet seperti itu justru membantu meningkatkan bakteri sehat di usus.

"Studi ini menyoroti perubahan pola makan moderat ke arah diet berbasis tanaman sehat dapat memainkan peran dalam pencegahan diabetes tipe 2. Temuan ini memberikan bukti lebih lanjut untuk memberikan rekomendasi diet guna mencegah terjadinya penyakit kronis,"kata Ahli Gizi dari Harvard University, Dr Ambika Satija dikutip dari Daily Mail, Rabu (15/6/2016).

Satu penelitian yang dilakukan Universitas Barcelona, Valencia, Malaga, dan Navarra pada 2013 menunjukkan, diet mediterania dapat membantu manusia mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke. Studi lain juga menunjukkan, lemak baik yang terkandung di dalam minyak zaitun, merupakan cara paling efektif mengurangi bobot tubuh yang merupakan faktor risiko dari diabetes tipe 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini