Sukses

Hindari Makanan dan Minuman ini Jika Tak Ingin Beser

Ada sejumlah faktor yang diketahui mempengaruhi seseorang beser.

Liputan6.com, Jakarta Kandung kemih yang terlalu aktif--dikenal sebagai dorongan inkontinensia--adalah masalah yang menghasilkan dorongan tiba-tiba untuk buang air kecil dan juga berpotensi menghasilkan inkontinensia urine atau beser.

Ada sejumlah faktor yang diketahui mempengaruhi seseorang beser, seperti merokok, minum terlalu banyak, dan beberapa makanan yang bisa memperparah kondisi ini, seperti dilansir dari laman Medicinenet, Rabu (15/6/2016) berikut ini: 

1. Hindari minuman bersoda

Minuman berkarbonasi seperti club soda, air soda, dan sparkling drink lainnya dapat mengiritasi kandung kemih menjadi sensitif. Jadi, jika Anda memiliki OAB (overactive bladder), sebaiknya batasi jumlah yang Anda minum.

2. Kafein

Kopi, teh, minuman berenergi, dan cola bisa membuat Anda lebih sering mengunjungi toilet. Minuman yang mengandung asam juga bisa memengaruhi kandung kemih. Cobalah minuman tanpa kafein, kopi rendah asam, dan teh herbal non-jeruk.

3. Pilih cokelat putih

Cobalah makan lebih sedikit cokelat, karena makanan ini memiliki kafein dan asam, dan jangan memakannya di malam hari. Tetapi Anda bisa mencoba untuk memakan cokelat putih, karena cokelat putih memiliki sedikit kafein.

4. Kurangi konsumsi buah jenis sitrus

Jeruk, anggur, clementine, lemon, dan limau mengandung asam dan dapat membuat Anda lebih sering untuk buang air kecil, baik dengan cara memakan langsung atau meminum jusnya.

5. Nanas

Anda mungkin mengetahui bahwa buah nanas bukanlah pilihan bijak, karena buah tersebut bersifat asam seperti sitrus. Jika Anda ingin menambahkan buah tropis ke dalam hidangan, cobalah menggunakan kelapa parut.

6. Tomat

Terlalu banyak mengkonsumsi tomat juga bisa mengganggu kandung kemih Anda dan membuat gejala OAB menjadi parah. Sehingga, kurangi makanan berbasis tomat seperti, saus spageti, cabai, dan kecap.

7. Alkohol

Bir, anggur, alkohol, minuman keras dalam bentuk apa pun membuat Anda berkemih lebih banyak atau beser. Hal ini juga mengganggu sinyal otak ke kandung kemih tentang kapan harus pergi ke toilet.

8. Kurangi makan makanan manis

Pemanis buatan, gula, dan madu bisa menambah gejala Anda. Kurangi mengkonsumsinya dan lihat apa yang terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini