Sukses

Ini Kiat agar Anda Tak Mati Cepat

Dr David Hupin menjelaskan aktivitas fisik yang teratur lebih baik bagi kesehatan dibandingkan dengan pengobatan.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian menganjurkan agar kita berolahraga selama 15 menit sehari karena kegiatan tersebut bisa menurunkan risiko kematian dini. Penelitian ini melibatkan lebih dari 123.000 orang yang berusia 60 tahun ke atas.

Rata-rata waktu penelitian ini adalah 10 tahun. Dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif berolahraga, 22 persen dari mereka lebih mungkin untuk meninggal saat masih dalam periode penelitian.

Namun bagi orang-orang dengan aktivitas sedang dan tinggi, risiko kematian selama penelitian berkurang 28 dan 35 persen, dibanding dengan orang-orang yang tidak aktif sama sekali.

Penelitian ini tidak dirancang untuk membuktikan hubungan sebab-akibat, tetapi untuk mengetahui hasilnya. Dr David Hupin dari University Hospital of Saint-Etienne, Prancis, menjelaskan, "Ini untuk menunjukkan bahwa semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan oleh orang dewasa tua, maka semakin banyak pula mereka mendapatkan manfaat kesehatan."

Hupin menambahkan, dilansir laman webmd.com, Rabu (15/6/2016), tingkat latihan rendah setara dengan 15 menit berjalan-jalan setiap hari. "Umur bukanlah alasan untuk tidak berolahraga."

"Ini sekaligus membuktikan bahwa aktivitas fisik yang teratur, memiliki efek baik secara keseluruhan pada kesehatan daripada semua pengobatan. Tetapi kurang dari setengah dari orang dewasa tua mencapai waktu minimum yang disarankan, yaitu 150 menit olahraga intensitas sedang atau 70 menit olahraga dengan intensitas tinggi setiap minggunya," ujar Hupin. (Tassa Marita)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini