Sukses

Trik Permudah Tidur bagi Wanita Menopause

Empat langkah ini dapat dijadikan trik ampuh untuk membantu wanita menopause yang kesulitan tidur.

Liputan6.com, Jakarta Wanita yang tengah memasuki masa menopause rentan akan perubahan mood hingga kesulitan mencapai tidur nyenyak.

Sementara wanita menopause perlu memperoleh tidur yang cukup untuk meredakan gejolak suasana hati hingga kondisi tubuh yang tidak fit seperti biasanya.

Melansir laman Telegraph, Selasa (14/06/2016) berikut panduan tepat mengatasi kesulitan tidur bagi wanita menopause dari para pakarnya berikut ini.

# Langkah 1

Meningkatkan hormon tidur menjadi langkah awal untuk mempermudah wanita menopause mendapatkan tidur yang nyenyak. Dr Sohère Roked, seorang GP dan ahli hormon dari Omniya MediClinic, mengatakan, "Hormon melatonin akan berproduksi pada waktu 10.00-02.00 pagi. Jadi naiklah ke tempat tidur sebelum tengah malam datang. Terlebih cahaya yang dapat mengganggu produksi melatonin wajib dihindari. Atur kamar tidur Anda segelap mungkin."

# Langkah 2

"Smartphone, laptop, dan tablet dapat memancarkan sinar biru yang dapat mengganggu tidur. Jadi beralihlah dari perangkat tersebut. Setidaknya 30 menit sebelum tidur," kata Dr Roked.

Roked pun menyarankan untuk mandi air hangat, membaca buku, atau bermeditasi seperti yoga atau pilates sebelum tidur. Sebab kegiatan tersebut dapat membantu Anda tidur. Juga memotong kafein delapan jam sebelum tidur.

# Langkah 3

Dr Guy Meadows, seorang direktur klinis dari Sleep School dan Bensons for Beds, mengatakan bahwa mengatur pola tidur siang menjadi langkah penting untuk membantu wanita menopause mengelola waktu tidurnya.

"Orang-orang percaya tidur siang akan melemahkan individu untuk tidur di malam hari," kata Dr Meadows.

Namun menurut Meadows tidur siang selama 30 menit atau di tengah hari sekitar pukul 15.00 tidak menjadi masalah.

# Langkah 4

Memilih pakaian yang nyaman untuk tidur akan mempermudah wanita menopause mendapatkan tidur yang nyenyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini