Sukses

Ayah Rela Jual Ginjal demi Tiga Anaknya yang Kegemukan

Tiga anak obesitas di India yang menjalani operasi khusus untuk menurunkan berat badan pada Juni tahun lalu kini lebih gemuk dari sebelumnya

Liputan6.com, Jakarta Tiga anak obesitas di India yang menjalani operasi khusus untuk menurunkan berat badan pada Juni tahun lalu kini lebih gemuk dari sebelumnya. Mereka adalah Yogita (5), Anisha (4), dan Harsh (3).

Seperti dikutip dari Thesun, Selasa (14/06/2016) anak-anak yang dijuluki "bayi sumo" oleh tetangga ini, atas bantuan pemerintah setempat serta donatur online telah menjalani operasi. Namun berat badan ketiga "bayi sumo" ini justru terus bertambah.

Sang ayah Rameshbhai Nandwana (35) merasa putus asa hingga berniat menjual ginjalnya guna mengumpulkan biaya untuk membawa anak-anaknya ke dokter spesialis, guna menjalani perawatan lebih lanjut.

"Operasi telah memberi banyak manfaat baik untuk anak-anak saya. Tapi jika berat terus bertambah seperti ini, mereka tidak akan mampu bergerak satu inci dalam beberapa hari mendatang. Saya tidak bisa melihat mereka mati di depan mata saya. Jadi saya akan melakukan apa pun untuk membawa mereka ke ahli medis yang tepat. Jika mengharuskan saya untuk menjual ginjal saya, saya tidak akan ragu-ragu melakukannya," kata Nandwana.

Nandwana bekerja sebagai buruh dengan upah hanya 5.000 Rupee (Rp 994.000) per hari, yang tidak cukup untuk membayar kebiasaan makan anak-anaknya. Bahkan, ia terpaksa meminjam uang kepada saudaranya demi mencukupi kebutuhan makan anak-anaknya.

"Perut mereka seperti jurang. Mereka terus kelaparan. Sulit untuk memastikan bahwa mereka cukup makan dan kenyang. Anak-anak menuntut makanan sepanjang waktu dan jika ditunda mereka akan menangis dan menjerit,” katanya.

Dapur Nandwana kini telah menjadi ruang tamu. Meskipun ia merasa frustasi, ayah 4 anak ini menyadari bahwa ini bukan salah anak-anaknya. Ketiga anaknya lebih menderita dibandingkan dirinya. Kesadaran ini setidaknya menghibur diri Nandwana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operasi Juni 2015

Operasi Juni 2015
Sebelum menjalani operasi berat badan Yogita memiliki berat 5,7 stone (36 kg), Anisha 7,4 stone (47 kg), dan bayi Harsh 2,5 stone (16 kg). Setiap anak kehilangan sekitar setengah stone (3kg) melalui operasi. Namun satu tahun kemudian, berat badan anak-anak ini kembali seperti sedia kala bahkan lebih.

Yogita yang kini berusia 6 tahun memiliki berat 5,8 stone (37 kg), Anisha (5) beratnya 8,8 stone (56 kg), dan balita Harsh (4) 3.1 stone (20 kg), sementara putri sulung Bhavika (7), beratnya normal, yakni 2,6 stone (16 kg)

Ayah empat anak ini tahu bahwa ketiga anaknya menderita penyakit. Oleh sebab itu, ia harus segera mencari bantuan dari dokter spesialis di rumah sakit guna mendapat pemeriksaan lebih lanjut. Namun ia tak mampu untuk membayar pengobatan di rumah sakit.

Jika tahun lalu ia dibantu oleh pemerintah dan donatur online untuk biaya operasi ketiga putranya, kini Nandwana tak tahu lagi siapa yang akan membantunya. Satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan menjual ginjalnya.

“Sekarang saya sudah mulai mencari orang-orang yang membutuhkan donor ginjal. Apa pun akan saya lakukan untuk pengobatan mereka," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini