Sukses

5 Tips Saat Ibu Hamil Harus Istirahat Total di Rumah

Ibu hamil terpaksa harus bedrest (istirahat) di tempat tidur karena pembawaan hamil di trimester pertama.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua ibu hamil bisa beraktivitas seperti wanita lainnya di luar ruangan. Mereka terpaksa harus bedrest (istirahat) di tempat tidur karena pembawaan hamil di trimester pertama.

Karena tidak bisa kemana-mana itu, kadang ada rasa jenuh, bosan atau stres kerap terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips bagi ibu hamil, seperti dikutip Sheknows, Senin (13/6/2016):

1. Buat jadwal

Bangun dan coba makan apa pun pada waktu yang sama setiap hari. Atur waktu juga untuk membuat panggilan telepon dengan suami, orangtua, atau mungkin kerabat. Ini akan membantu Anda mengisi kebosanan.

2. Lakukan sesuatu dengan tangan Anda

Ketika Anda harus istirahat selama berminggu-minggu, terus menonton TV atau film, bisa jadi membosankan. Coba lakukan sesuatu yang lebih produktif. Misalnya membuahkan karya seni, menjahit, membuat catatan tangan, atau merajut selimut si buah hati. Hal ini akan meningkatkan mood Anda.

3. Jadwal kumpul

Terlalu lama di tempat tidur bisa memicu depresi antepartum, yang terkait dengan komplikasi kehamilan dan kelahiran prematur. Untuk menghindari hal tersebut, Anda boleh memanggil kerabat atau siapapun yang bisa menemani di rumah. 

4. Cari tahu apa yang membuat Anda bahagia

Carilah apa yang membuat Anda bahagia. Apakah itu menghabiskan waktu dengan suami, memesan perlengkapan bayi secara online atau membuat makanan tertentu. Lakukan semua hal yang membuat bahagia demi kesehatan Anda dan bayi selama kehamilan.

5. Minta dukungan

Bila Anda merasa sulit dan tidak bisa bertahan, bicarakan dengan dokter tentang ketakutan dan keprihatinan. Selain itu, jaga hubungan dengan teman dan keluarga. Minta dukungan mereka agar mereka bisa menjaga suasana hati Anda atau mengelola kecemasan. Hal ini akan mempengaruhi janin juga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.