Sukses

Guru Yoga Arun Yvle Ajarkan Cara Mudah Hilangkan Stres

Satu teknik melepaskan stres diajarkan oleh Guru Yoga asal India.

Liputan6.com, Jakarta Ini dia cara mengatasi stres. Hanya dengan melakukan teknik pernapasan sederhana yang disebut bastrika. Guru yoga dari Kedutaan India di Jakarta mengajarkan teknik ini kepada kru redaksi Liputan6.com.

"Para wartawan rentan mengalami stres karena setiap hari, sepanjang waktu duduk di depan komputer. Demikian juga wartawan yang ada di lapangan. Beberapa cara sederhana bisa kita lakukan. Pertama kita bisa melatih pernapasan yang disebut bastrika pranayama," ujar Grand Master Yoga yang mengajar di Jawaharlal Nehru Culture Centre, Arun Yvle saat menyambangi kantor redaksi Liputan6.com, Jumat (10/6/2016).

Langkah awal dengan menutup salah satu cuping hidung (kanan) dengan jari, lalu tarik dan embuskan napas lewat lubang hidung yang terbuka. Lakukan sebanyak 15 kali dengan mata terpejam.

"Setelah itu tetap pejamkan mata dan sejenak rasakan yang terjadi di rongga hidung dan pernapasan atas. Anda akan merasakan sensasi melegakan," ujar Arun.

Kemudian gantian lubang hidung satunya, tutup dan lakukan tarikan napas sekali dan langsung embuskan napas sebanyak 15 kali. Gerakan selanjutnya sama dengan sebelumnya.

Usai pranayama, para kru diajak untuk melakukan beberapa gerakan menghilangkan ketegangan di bagian bahu, leher, tangan, dan otak. "Cobalah melakukan gerakan-gerakan sederhana ini setiap kali Anda merasa lelah. Saya bersedia datang ke sini kalau teman-teman mau berlatih bersama lagi," ujar Arun mengakhiri sesi latihan yoga bersama selama kurang lebih 30 menit ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.