Sukses

Ini Daftar Makanan yang Pas Buat Sahur

Untuk menjaga agar tubuh terus berenergi dan terhidrasi hingga matahari tenggelam penting menyantap makanan yang tepat saat sahur.

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan Ramadan umat muslim di Indonesia harus menahan haus dan lapar sekitar 13 jam. Untuk menjaga agar tubuh terus berenergi dan terhidrasi hingga matahari tenggelam penting menyantap makanan yang tepat saat sahur.

Berikut beberapa makanan yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama seperti dikutip laman Womans Day dan Mens Fitness, Kamis (9/6/2016).

1. Telur

Telur dikenal sebagai sumber makanan tinggi protein. Selain itu makanan yang satu ini juga mampu membuat rasa kenyang lebih lama. Orang yang mengonsumsi telur memiliki kadar hormon nafsu makan ghrelin yang lebih rendah sehingga tidak mudah lapar.

"Telur merupakan kombinasi sempurna antara telur dan protein, sehingga tepat bila dijadikan salah satu menu sarapan," tutur pakar nutrisi Julie Kaye.

2. Avokad

Buah satu ini memiliki daging yang lembut dan lezat. Bila dilihat dari komposisi kandungannya juga kaya serat dan lemak tak jenuh tunggal yang mampu membuat rasa kenyang lebih lama.

"Makanan tinggi serat dan kaya lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membuat kenyang lebih lama," tutur penulis buku Belly Fat Diet for Dummies, Erin Palinski.

Selain itu di dalam avokad mengandung oleic acid. Ini adalah lemak tak jenuh tunggal yang berperan untuk mengatakan pada otak bahwa perut sudah kenyang.

3. Greek Yoghurt

Yoghurt satu ini kandungan protein di dalamnya dua kali lebih banyak dibandingkan yoghurt biasa. Dalams setipa sajian ada 15-20 gram protein di dalamnya.

"Kandungan protein dalam makanan merupakan salah satu faktor untuk merasakan kenyang. Selain itu juga membuat rasa kenyang lebih lama," tutur Kaye.

4. Almond

Di antara jenis kacang-kacangan lain, almond paling banyak memiliki serat. Sehingga Anda pun bisa kenyang lebih lama.

5. Pir

Buah yang satu ini mengandung karbohidrat kompleks bernama pektin. Peran pektin mampu sebagai penghilang racun, regulator saluran pencernaan, dan stimulus sistem imunitas tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini