Sukses

Fakta Menarik Seputar Obesitas pada Anak

Satu dari lima anak obesitas umumnya berusia enam tahun. Simak fakta anak obesitas berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin pipi chubby pada anak bertubuh gemuk terlihat lucu dan menggemaskan. Namun pada anak obesitas kondisi tersebut cukup menyulitkan dirinya untuk beraktivitas dengan normal.

Mengutip laman Huffington Post, Kamis (9/06/2016) penting para orangtua untuk mengetahui fakta obesitas pada anak sebelum kondisinya menjadi semakin parah dan obesitas sulit ditangani.

1. Obesitas di usia 6 tahun

Satu dari lima anak yang kelebihan berat badan rata-rata berusia enam tahun. Mereka ini lebih berisiko tinggi terserang penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya di usia dewasa.

2. Tiga kali lipat berisiko obesitas

Sejak 1980 angka pengidap obesitas pada anak mencapai tiga kali lipat. Data dari CDC menunjukkan, populasi obesitas anak begitu tinggi di Amerika.

3. Anak obesitas terancam masalah kesehatan lainnya

Anak obesitas berisiko mengalami tekanan darah tinggi, diabetes dan masalah kardiovaskular lainnya. Sebuah studi 2013 pun menemukan, obesitas juga menempatkan anak-anak pada risiko masalah kesehatan lain seperti ADHD (hiperaktif), alergi, dan infeksi telinga.

4. Akibat makanan cepat saji

Setiap tahunnya perusahaan makanan selalu mengeluarkan produk baru yang menjadi pemicu utama anak terserang obesitas. Menurut sebuah studi, hal ini berhubungan dengan peningkatan jumlah anak obesitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini