Sukses

Berapa Banyak Anak Boleh Minum Kopi?

Saat ini bukan hal baru lagi melihat anak-anak menyeruput kopi beraroma.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini bukan hal baru lagi melihat anak-anak menyeruput kopi beraroma dengan whipped cream dan parutan cokelat di atasnya. Apalagi mitos yang beredar bahwa seorang anak bagus diberi sedikit minuman berkafein. Benarkah demikian?

Ternyata itu keliru. Meski tidak ada rekomendasi resmi tentang asupan kafein untuk anak, namun ada tingkat asupan maksimum yang bisa diberikan kepada anak, seperti dimuat Health Canada.

Berikut ini beberapa takaran minuman kopi yang bisa diberikan kepada anak:

- Usia 4-6 tahun       : Tidak lebih dari 45 mg/hari
- Usia 7-9 tahun       : Tidak lebih dari 62,5 mg/hari
- Umur 10-12 tahun  : Tidak lebih dari 85 mg/hari 

Pada anak-anak dan juga dewasa, kafein dapat meningkatkan tekanan darah, dan menurunkan detak jantung, dikutip Parents.com, Kamis (9/6/2016). Namun efek ini paling dirasakan laki-laki ketimbang perempuan.

Pusat Kontrol Keracunan Makanan (Poison Control Centers) juga mencatat, kafein dapat menyebabkan gangguan tidur, dan menurunnya fokus. Anak-anak yang mengonsumsi kafein secara teratur, dan menghentikannya kemungkinan akan mengalami sakit kepala.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.